Pemerintah Buka Peluang Pengangkatan untuk 2,3 Juta Formasi ASN di Tahun 2024, Berikut Jadwal Tesnya

Pemerintah Buka Peluang Pengangkatan untuk 2,3 Juta Formasi ASN di Tahun 2024, Berikut Jadwal Tesnya

Pemerintah Buka Peluang Pengangkatan untuk 2,3 Juta Formasi ASN di Tahun 2024, Berikut Jadwal Tesnya--

RADARUTARA.ID- Presiden RI, Ir Joko Widodo, akan membuka peluang pengangkatan untuk 2,3 juta formasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Lowongan ASN, ini akan diprioritaskan untuk lulusan baru atau fresh graduate

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB), Azawar Anas, mengungkapkan, akan ada lebih dari 690 ribu formasi khusus untuk lulusan baru. 

"Kebijakan pengadaan calon ASN 2024 difokuskan pada pelayanan dasar, nanti akan kami sampaikan di belakang, yang totalnya 2.302.543, yang terdiri dari 690.822 adalah CPNS umum atau fresh graduate yang telah lama tidak dibuka untuk ini," ujar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta dikutip dari CNN indonesia pada Jumat (5/1).

BACA JUGA:GFP Rilis Daftar 20 Militer Terkuat di Dunia Tahun 2023, Tak Disangka Posisi Indonesia Ada Diperingkat Ini

Dikatakan Anas, 1.611.727 lainnya akan diisi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Disebutkan Anas, formasi ini sekaligus untuk menuntaskan pekerjaan rumah pemerintah tentang tenaga honorer.

Ditegaskan Anas, pemerintah akan menggelar tiga kali tes ASN di tahun ini. Tes pertama akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

"Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," bebernya.

Ditambahkan Anas, dalam pengangkatan formasi ini pemerintah akan memprioritaskan calon ASN di bidang digital. Ini, dilakukan masih Anas, sejalan dengan upaya pemerintah memangkas birokrasi.

"Ada tenaga yang ke depan Itu zero growth, yaitu tenaga teknis fungsional dan yang negative growth adalah tenaga teknis pelaksana karena nanti akan sebagian diatasi dengan digitalisasi," imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: