Pemdes Air Pandan Sertifikasi Hasil Pembangunan Fisik Dana Desa TA 2023

Pemdes Air Pandan Sertifikasi Hasil Pembangunan Fisik Dana Desa TA 2023

Sertifikasi hasil pembangunan fisik DD Desa Air Pandan--

RADARUTARA.ID- Kegiatan sertifikasi dilakukan oleh Pemdes Air Pandan, Kabupaten Bengkulu Utara kepada hasil pembangunan fisik yang bersumber dari dana desa (DD) TA 2023.

Kegiatan sertifikasi, ini dilaksanakan oleh Pemdes Air Pandan dengan melibatkan langsung tenaga ahli (TA) pendamping desa kabupaten hingga lokal, unsur Tripika Kecamatan Putri Hijau, jajaran aparatur Pemdes Air Pandan dan lembaga BPD Air Pandan.

Ada pun, jenis bangunan fisik yang melewati proses sertifikasi ini meliputi pembangunan TPT sebanyak dua titik dengan volume 41 meter, drainase sebanyak empat titik dengan volume 271 meter, jalan rabat beton sepanjang 100 meter, pembuatan bak sampah sebanyak 9 unit dan pembuatan pagar gedung PAUD.

BACA JUGA:APBDes 2024 Belum Ditetapkan Desa, Camat TAP Pesankan Hal Ini

Tidak ada kendala berarti, dari seluruh jenis bangunan fisik yang telah disertifikasikan oleh Pemdes Air Pandan, ini dalam kondisi baik dan sudah layak untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Sertifikasi kita lakukan untuk memastikan kualitas bangunan sebelum akhirnya nanti difungsikan oleh masyarakat. Dengan sertifikasi, ini kita bisa mengetahui sejauh mana hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh desa dan kalau pun, terjadi kekurangan kita bisa segera perbaiki sebelum akhirnya seluruh bangunan kita serahkan dan difungsikan oleh masyarakat," ujar Kades Air Pandan, Sugiyo.

Selanjutnya, Sugiyo berharap, bangunan fisik yang sudah dikerjakan oleh desa, ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat. Sehingga fasilitas atau bangunan fisik yang telah dibangun oleh desa, ini bisa bertahan lama dan berfungsi dengan baik. 

"Tolong bangunan yang sudah dikerjakan dan diserahkan oleh desa, ini nantinya bisa dijaga bersama-sama agar dapat memberi manfaat dalam jangka waktu panjang. Karena sebagus apapun bangunan yang dikerjakan oleh desa tidak akan memberi manfaat, apa bila tidak dibarengi dengan rasa memiliki dari masyarakat," pintanya.

BACA JUGA:Tak Direspon, Pemdes Lubuk Mindai Akan Gunakan Dana Desa Tangani Fasum yang Rusak Akibat Dampak Bencana Alam

Lebih jauh, Sugiyo, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran terkait di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten yang telah bersinergi dalam mendorong kelancaran jalannya program pembangunan di desa.

"Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak, mudah-mudahan sinergi dan kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini tetap terjaga dan bisa ditingkatkan untuk mendorong kemajuan desa ke arah yang lebih baik lagi," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: