Desa Diminta Optimalkan Penyediaan Fasilitas Air Bersih di TA 2024

Desa Diminta Optimalkan Penyediaan Fasilitas Air Bersih di TA 2024

Sumber pasokan air bersih--

RADARUTARA.ID- Musim kemarau panjang yang berlangsung di tahun, ini patut menjadi pertimbangan bagi seluruh desa untuk menentukan arah kebijakan pembangunannya di dalam mengelola dana desa (DD) di TA 2024.

Konkretnya, menurut Camat Putri Hijau, Ahmadi, dampak kemarau yang timbul hari ini patut menjadi catatan desa untuk mengoptimalkan penyediaan fasilitas air bersih di tahun 2024 mendatang.

Diakui Camat, musim kemarau yang tengah berlangsung saat, ini cukup berdampak serius terhadap ketersediaan air bersih masyarakat. Sehingga menurut Camat, di TA 2024 mendatang setiap desa perlu mengoptimalkan penyediaan fasilitas air bersih di masing-masing lingkungan wilayah kerjanya. 

"Dampak kemarau tahun depan patut antisipasi. Salah satu langkah konkret yang bisa diusahakan oleh desa adalah dengan menambah atau mengoptimalkan ketersediaan fasilitas air bersih. Fasilitas air bersih yang dimaksud bisa lewat program Pamsimas maupun sumur bor yang di danai lewat DD," imbau Camat.

BACA JUGA:Resmi! Fotokopi KTP Tak Berlaku Lagi Mulai Tahun Depan, Ini Gantinya

Selebihnya, Camat, meminta kepada desa-desa yang sudah memiliki fasilitas Pamsimas agar dapat mengoptimalkan jangkauan penggunaannya khususnya terhadap rumah masyarakat yang belum terjangkau oleh fasilitas air bersih milik desa.

"Jika diperlukan penambahan jaringan pipanisasi silahkan ditambah dan dioptimalkan. Intinya, saat menghadapi dampak kemarau tahun depan kita bisa lebih siap melalui fasilitas yang sudah dipersiapkan," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: