Tak Hanya Kades, Tripika Juga Absen dalam Acara Konsultasi Publik Amdal PT Agricinal, Ini Alasannya

Tak Hanya Kades, Tripika Juga Absen dalam Acara Konsultasi Publik Amdal PT Agricinal, Ini Alasannya

PT Agricinal--

RADARUTARA.ID- Tidak hanya kepala desa (Kades) dan lembaga BPD saja yang tak menghadiri agenda konsultasi publik tentang penyusunan Amdal PT Agricinal di Kota Bengkulu pada Sabtu (23/12) hari, ini.

Ternyata jajaran tripika di wilayah Kecamatan Putri Hijau maupun Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) juga ikut absen alias tidak hadir di dalam agenda konsultasi publik penyusunan Amdal PT Agricinal yang berlangsung di Hotel Santika, Bengkulu tersebut.

Bukan tanpa alasan, beberapa pihak mengaku bahwa ketidak hadirannya pada agenda konsultasi publik terkait Amdal PT Agricinal, itu turut didasari beberapa pertimbangan.

"Tidak ada pemberitahuan, undangan, atau penyampaian hal apapun untuk kegiatan di Koramil," ujar Danramil  423-04 Putri Hijau, Kap Arh Bely Apriansyah, kepada Radar Utara ID.

Dipastikan Danramil, setiap kegiatan atau agenda yang masuk ke pihaknya apa lagi, kegiatan yang bersifat diluar wilayah pastinya harus terkoordinasi dengan jajaran terkait di lingkungan Kodim 0243 Bengkulu Utara.

"Sudah kita cek ke anggota yang piket, tidak ada pemberitahuan ataupun penyampaian yang masuk ke kita. Apa lagi kegiatan yang dimaksud diluar wilayah Bengkulu Utara, pastinya harus diketahui oleh pimpinan terkait di lingkungan Kodim," imbuhnya.

Lebih jauh, Danramil, tak ingin berkomentar atau berspekulasi terlalu jauh atas hajat yang tengah dilaksanakan oleh pihak PT Agricinal tersebut.

"Silahkan dikonfirmasi saja ke pihak PT Agricinal," singkatnya.

Terpisah Camat Putri Hijau, Ahmadi, sebelumnya juga mengaku. Bahwa secara resmi undangan konsultasi publik terkait penyusunan Amdal oleh PT Agricinal, ini sudah diterima. Hanya saja Camat, sempat memastikan, jika dirinya berhalangan hadir dalam agenda diskusi yang diselenggarakan oleh PT Agricinal di Kota Bengkulu itu.

"Ya (tidak hadir) karena para Kades tidak hadir. Kabarnya ada beberapa tuntutan (masyarakat ke perusahaan) yang belum direalisasikan. Lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan ke pihak perusahaan ya," tandasnya.

Terpisah, Camat MSS, Abdul Hadi, SIP, juga mengaminkan. Bahwa undangan terkait konsultasi publik penyusunan Amdal PT Agricinal, itu telah ia terima. Namun pada kesempatan kali, ini Camat, mengatakan jika dirinya belum dapat menghadiri agenda tersebut atas dasar pertimbangan khusus yang harus sama-sama dijaga.

"Bukan kita tidak mendukung, justru kita sangat mendukung segala bentuk kegiatan investasi yang ada. Cuma dala konteks, ini ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan bersama. Terlebih saya baru disini, belum banyak mengerti soal PT Agricinal," pungkas Camat.

Lebih jauh Camat, memastikan pihaknya sangat mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh para investor. Karena pada dasarnya kehadiran investor dibutuhkan oleh negara dan daerah untuk berkontribusi dalam hal pembangunan.

Kedepan Camat berharap, ada komunikasi yang terjalin baik antara perusahaan dengan jajaran pemerintahan desa yang ada di wilayah kerjanya dan mengedepankan azas musyawarah serta kebersamaan agar seluruh kegiatan yang berlangsung dapat berjalan selaras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: