Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan Agar Semakin Estetik

Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan Agar Semakin Estetik

Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan Agar Semakin Estetik--

RADARUTARA.ID - Menanam tanaman pot di dalam ruangan menjadi tren yang semakin populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena tanaman dapat memberikan suasana yang lebih segar dan asri di dalam rumah. Namun, tidak semua ruangan memiliki pencahayaan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Berikut adalah beberapa tips untuk menanam dan merawat tanaman di dalam ruangan tanpa cahaya:

1. Melakukan rotasi tanaman

Mengubah lokasi tanaman secara teratur ke arah sumber cahaya adalah trik utama untuk menanam tanaman hias di ruangan tanpa cahaya. Hal ini karena tanaman membutuhkan cahaya untuk melakukan fotosintesis, yaitu proses mengubah cahaya menjadi energi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Anda dapat melakukan rotasi tanaman setiap 15-30 hari. Pastikan untuk meletakkan tanaman di lokasi yang memiliki pencahayaan yang cukup, tetapi tidak langsung terkena sinar matahari.

BACA JUGA:Sering Merokok Bisa Sebabkan Mandul? Begini Faktanya

2. Menggunakan pencahayaan buatan

Jika ruangan Anda tidak memiliki pencahayaan alami yang cukup, Anda dapat menggunakan pencahayaan buatan. Anda dapat menggunakan lampu tumbuh (grow light) atau lampu neon spektrum penuh untuk memberikan cahaya yang dibutuhkan tanaman. Pastikan untuk meletakkan tanaman pada jarak yang aman dari sumber cahaya untuk menghindari luka bakar pada daun tanaman.

3. Memilih tanaman yang tepat

Ada beberapa tanaman yang dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya rendah. Pastikan anda memilih tanaman yang memang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan yang pastinya memiliki jumlah intensitas cahaya yang kurang pada. Beberapa contoh tanaman tersebut adalah: Lidah mertua, Bambu hoki, Ponytail palm, Tanaman ZZ, Tanaman giok, Lidah buaya.

4. Memilih tanaman yang tumbuh lambat

Tanaman yang tumbuh lambat membutuhkan lebih sedikit cahaya daripada tanaman yang tumbuh cepat. Selain itu tanaman yang tumbuh lebat memiliki kesan sebagai ruangan yang asri dan terkesan alami. Beberapa contoh tanaman yang tumbuh lambat adalah: Tanaman giok, Tanaman ZZ, Lidah buaya, Tanaman lidah mertua

BACA JUGA:Sejuknya Mandi di Lorong Watu, Jadi Wisata Andalan Warga Bengkulu Utara

5. Menjaga kebersihan daun tanaman

Debu dan kotoran yang menumpuk di daun tanaman dapat menghalangi proses fotosintesis. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan daun tanaman secara rutin. Anda dapat membersihkan daun tanaman dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air. Anda juga dapat menggunakan sabun cuci piring yang diencerkan dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: