4 Desa di Marga Sakti Sebelat ini Ditargetkan ODF Tahun 2024

4 Desa di Marga Sakti Sebelat ini Ditargetkan ODF Tahun 2024

Sigit/RU.ID- Telusur desa dilakukan tim Puskesmas Suka Makmur untuk menyukseskan ODF di empat desa di MSS--

RADARUTARA.ID- Sedikitnya ada empat desa di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara yang ditargetkan bisa lolos program Open Defecation Free (ODF) atau bebas uang air besar sembarangan (BABS) di Tahun 2024 mendatang. Keempat desa, itu meliputi Desa Suka Negara, Desa Suka Medan, Desa Suka Merindu dan Desa Suka Maju.

Untuk mencapai target ODF ke empat desa, ini maka jajaran dari Puskesmas Suka Makmur mulai diturunkan ke masing-masing desa untuk melaksanakan penelusuran.

"Sesuai instruksi Bupati, kita percepat pelaksanaan ODF ke desa-desa yang belum ODF. Di akhir Tahun 2023, ini total ada empat desa yang sedang kita persiapkan," ungkap Kepala Puskesmas Suka Makmur, dr Nanang Rahmat.

BACA JUGA:Honda CBR Adu Kambing dengan Motor Krempang, Samson Meninggal Dunia

Dijelaskan Nanang, dalam kegiatan telusur desa, ini pihaknya ingin melakukan pengecekan secara real kondisi masing-masing desa. Selanjutnya fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, ini akan di data dan dikoordinasikan ke pemerintah kecamatan untuk ditindak lanjuti.

"Keberadaan jamban tiap rumah ada atau tidak septictank nya, ada jamban tapi rusak ringan, rusak sedang atau rusak berat, sistem sanitasi air pembuangannya bagai mana dan bagai mana kondisi sumber airnya semua ini kita telusuri ke setiap desa. Selanjutnya data-data ini akan ada kita serahkan ke kecamatan untuk ditindak lanjuti," pungkasnya. 

Dari rangkaian persiapan yang dilakukan, ini Nanang, optimis keempat desa di wilayah kerjanya tesebut bisa lolos dan mencapai target ODF.

"Mulai akhir tahun 2023 ini kita optimalkan persiapannya. Sehingga di tahun 2024 nanti, Insya Allah keempat desa ini sudah siap dan bisa lolos ODF," demikian Nanang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: