Proses Lelang Sudah Selesai, Kementerian PUPR Segera Bangun Pasar Purwodadi Bengkulu Utara

Proses Lelang Sudah Selesai, Kementerian PUPR Segera Bangun Pasar Purwodadi Bengkulu Utara

Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID- Pasca dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilokasi Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, pada 21 Juli 2023 lalu, dikabarkan lokasi pusat pembelanjaan di Kota Arga Makmur yang kini sudah diratakan oleh alat berat akan segera dilakukan pembangunan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian saat menyalurkan bantuan kolam terpal kepada Pokdakan di aula ADC Kecamatan Padang Jaya.

Mian menyebut, Pasar yang pernah dilanda kebakaran pada 5 April 2021 lalu itu akan segera dibangun kembali oleh Kementerian PUPR sesuai perintah Presiden Jokowi.

"Oh pasar sudah menang lelang, sudah titik nol. Insha Allah pak dirjen atau pak Mentri PUPR akan ke Bengkulu Utara sekaligus melihat mengunjungi sekolah bertaraf Nasional yakni SMPN 1 Bengkulu Utara yang mendapat bantuan dari APBN," kata Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian, Senin (11/12/2023).

BACA JUGA:Tak Ada Pungli, Dana Sumbangan Hanya untuk Raport Murid yang Hilang

Dikatakan Bupati Mian, perbaikan pasar tradisional bertujuan untuk  meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di Bengkulu Utara. 

"Kementerian PUPR tidak hanya membangun infrastruktur jalan Inpres, tetapi juga infrastruktur kerakyatan seperti pasar dan sekolah," ujarnya.

Dilansir dari laman PUPR Republik Indonesia, pembangunan pasar Purwodadi di Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara akan dibangun dengan kontruksi dua lantai dengan kapasitas sekitar 1.004 kios.

Sementara masa pembangunan sekitar sembilan bulan dengan total anggarannya sebesar Rp110 miliar. Rehabilitasi pasar sendiri dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Direktorat Jenderal Cipta Karya.

BACA JUGA:Tidak Butuh Waktu Lama, Berikut ini Langkah Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Rehabilitasi Pasar Purwodadi Bengkulu Utara akan menggunakan lahan sekitar 2,2 hektar yang terdiri dari tiga blok A,B,C, masing-masing dua lantai.

Sementara, Untuk area pasar Blok A akan dimanfaatkan sebagai area pasar basah dan non pangan, sedangkan area Blok B untuk area pasar kering dan non pangan, dan Blok C untuk area makanan siap saji. 

Bangunan Pasar Purwodadi Bengkulu Utara akan dilengkapi dengan parkir mobil dan motor, serta plaza.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: