Tak Disangka, 9 Jurusan ini Lulusannya Paling Banyak Menganggur Loh!

Tak Disangka, 9 Jurusan ini Lulusannya Paling Banyak Menganggur Loh!

Tak Disangka, 9 Jurusan ini Lulusannya Paling Banyak Menganggur Loh!--

RADARUTARA.ID- Tidak semua jurusan memiliki potensi yang menjanjikan bagi lulusannya. Dan ternyata, ada beberapa jurusan yang lulusannya paling banyak menganggur alias susah mendapatkan pekerjaan

Mengacu kepada data BPJS tahun 2022, lulusan universitas memiliki tingkat pengangguran paling tinggi dari pada lulusan diploma atau akademi. Totalnya tercatat oleh BPS hingga Februari 2022, lalu. Ada sekitar 800.000 orang pengangguran. Sedangkan untuk lulusan diploma dan akademi hanya sekitar 200.000 orang. 

Ini, terjadi karena jumlah universitas di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan banyaknya peluang lapangan kerja. Agar jelas, mari simak penjelasan artikel ini!!

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Paling Populer dan Cocok untuk Dikunjungi saat Libur Panjang Nataru

- Sastra Asing

Sastra asing merupakan salah satu jurusan yang memiliki potensi pengangguran cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan gelar sarjana sastra asing.

Salah satu potensi pekerjaan milik lulusan sastra asing di Indonesia adalah lowongan yang membuka pekerja untuk seluruh jurusan.

-Sejarah

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Hotcourse Indonesia pada tahun 2014-2016 mengatakan bahwa lulusan program studi sejarah mempunyai angka pengangguran yang cukup tinggi, yaitu mencapai 50,7 persen.

Hal ini kemungkinan juga disebabkan oleh kurangnya perusahaan di Indonesia yang membutuhkan sarjana sejarah.

- Olahraga

Melansir dari berbagai sumber, jurusan ini memiliki tingkat pengangguran sebesar 51 persen. Prodi Olahraga membutuhkan kemampuan fisik dan teknis yang baik.

Namun, memiliki pasar yang sempit dan jurusan ini juga membutuhkan sertifikat serta lisensi yang harus diperbarui secara berkala.

BACA JUGA:Capek Sering Disakitin atau Terzalimi Orang Lain? Baca Al-Muntaqqim untuk Balas Dendam Jalur Langit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: