Terkikis Oleh Waktu, Ini 7 Alat Musik Tradisional Asli Bengkulu yang Jarang Diminati Gen Z

Terkikis Oleh Waktu, Ini 7 Alat Musik Tradisional Asli Bengkulu yang Jarang Diminati Gen Z

Terkikis Oleh Waktu, Ini 7 Alat Musik Tradisional Asli Bengkulu yang Jarang Diminati Gen Z--

RADARUTARA.ID- Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, banyak orang yang melupakan atau malah tidak mengenal alat musik tradisional. Sehingga beralih ke alat musik modern. Akibatnya, sangat jarang menemukan anak muda yang memainkan alat musik tradisional dalam acara adat.

Hal tersebut mungkin lantaran kurangnya pengenalan berbagai alat musik tradisional, baik dari dalam keluarga, ataupun di sekolah. Jadi, bagaimana bisa seseorang mampu memainkan alat musik tradisional kalau tidak mengenali alatnya terlebih dahulu?

Di Kota Bengkulu, ada pula alat musik tradisional. Sekarang ini, alat musik tradisional tersebut cuma bisa ditemukan dalam upacara adat atau pada acara kedaerahan dan acara pernikahan.

BACA JUGA:Ustadz Khalid Basalamah Bagikan Doa untuk Menghapus Nama Kita dan Orang Tua dari Daftar Penghuni Neraka

Apa saja Berikut ini akan dibahas beberapa alat musik tradisional dari Kota Bengkulu. Simak dibawah ini:

1. Serunai

Awalnya, serunai diberi nama shehnai, yang asalnya dari daratan India utara. Alat musik serunai sendiri adalah perkembangan dari alat musik yang digunakan dalam musik para pemikat ular tradisional.

Serunai Bengkulu merupakan alat musik tiup tradisional dari masyarakat Suku Pekal di Kabupaten Mukomuko. Alat musik ini cuma bisa dimainkan oleh satu orang. Bahan pembuatannya dari bambu yang tumbuh di tepi sungai. Biasanya, serunai dipakai saat acara adat istiadat mulaidari upacara pengantin hingga musik pengiring tari pedang.

2. Akordion

Alat musik ini asalnya dari Kabupaten Rejang Lebong yang digunakan sebagai alat musik tradisional di Rejang Lebong. Alat musik ini mempunyai bentuk persegi panjang, yang terbuat dari kayu, kertas, alumunium, dan besi.

Akordion dibuat dengan cara menggunakan bahasa teknik assembiling, ukir, ornamen geometris, salur daun, dan mempunyai tiga tombol sebagai aksesoris.

BACA JUGA:Kelezatan Perut Punai, Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Punya Seribu Nama

3. Kulintang

Kulintang merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan kuningan. Dari segi bentuk dan penggunaannya, alat ini sangat mirip dengan bonang gamelan Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: