Fakta-fakta Tentang Goa Pawon di Banyuwangi, Dipercaya Sebagai Gerbang Gaib Menuju Alas Purwo

Fakta-fakta Tentang Goa Pawon di Banyuwangi, Dipercaya Sebagai Gerbang Gaib Menuju Alas Purwo

Fakta-fakta Tentang Goa Pawon di Banyuwangi, Dipercaya Sebagai Gerbang Gaib Menuju Alas Purwo--

RADARUTARA.ID- Keindahan alam di Banyuwangi, Jawa Timur tak perlu diragukan lagi. Tapi di satu sisi, kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa, ini juga banyak menyimpan beragam cerita mistis yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Salah satu tempat yang dianggap mistis di Banyuwangi, itu adalah cerita tentang Goa Pawon. Ini, sebuah Goa yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat di Banyuwangi sebagai gerbang gaib menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Goa Pawon, ini letaknya berada di Dusun Cemoro, Desa Balak, Kecamatan Songgon. Konon, Goa Pawon, ini menjadi saksi bisu dari kisah yang melibatkan kekuatan gaib dan kealamian alam yang mengagumkan. 

Lokasinya pun, sangat terpencil dikelilingi hutan lebat dan menimbulkan aura magis bagi siapapun yang berkunjung ke Goa tersebut. 

Menurut cerita, Goa Pawon tidak hanya berupa tempat fisik yang bisa dijelajahi, tapi juga menjadi jalur spiritual yang menghubungkan manusia dengan keajaiban alam di berbagai goa yang ada di bumi Blambangan.

BACA JUGA:Ternyata Tanaman Kratom Lebih Menguntungkan Ketimbang Sawit dan Karet, Hasilnya Tembus Rp25 Juta/Bulan

Bahkan masyarakat setempat meyakini, jika memasuki Goa Pawon dengan niat baik akan membawa mereka melewati lorong rahasia yang menghubungkan dengan goa-goa terpencil, termasuk goa yang ada di Alas Purwo yang selama ini menjadi tempat energi alam berkumpul dan kekuatan gaib bersatu. 

"Itu sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, sebagai tempat persembunyian," ungkap penjaga kebun tempat Goa Pawon berada Misriyah, dikutip dari berbagai sumber. 

Kata Misriyah, goa ini dipercaya dapat menembus ke goa-goa terdekat yang ada di daerah Dusun Cemoro. 

Ceritanya, Goa Pawon ini tidak hanya satu-satunya goa di daerah tersebut. Tapi ada sekitar tujuh goa lainnya yang menyatu dalam rahasia alam dusun Cemoro, seperti Goa Pasujudan, Goa Sadong, Goa Konferensi, Goa Capil, Goa Sumur dan Goa Panguripan. 

"Kalau yang dekat dengan lokasi Goa Pawon ini ada dua yaitu Goa Sadong, Goa Konferensi," bebernya. 

"Doa disini terbentuk alami dibuat perang dulu. Katanya dinamakan Goa Pawon karena banyak ditemukan peralatan dapur," tambah Masriyah. 

BACA JUGA:Shalawat Ibrahimiyah, Baca 3 Kali untuk Meningkatkan Rezeki dan Hajat Cepat Terwujud

Untuk menuju Goa Pawon, ternyata tidak begitu sulit. Karena Goa ini hanya berjarak 7 Km dari pusat keramaian yakni Kecamatan Rogojampi. Dan untuk sampai kesana, cukup memerlukan waktu singkat sekitar 15 menit dengan disuguhi hamparan hijau dan pepohonan rindang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: