Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar yang Bisa Ditiru

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar yang Bisa Ditiru

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar yang Bisa Ditiru--

RADARUTARA.ID - Ternyata ada beberapa amalan ringan, namun punya pahala yang cukup besar. Mungkin bagi beberapa orang amalan-amalan ini banyak yang terlupakan, tetapi siapa sangka walau sedikit pahala yang didapat sungguh besar jika kita melakukannya dengan ikhlas dan rutin.

Berikut ini amalan ringan yang bisa menghadirkan pahala besar:

1. Berdzikir

Hal ini tercantum dalam salah satu hadist Rasulullah SAW dari Abu Hurairah yakni, dari Nabi, beliau bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lisan, tetapi berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yakni “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (H.R. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Pilihan Menu Makan Siang Favorit-nya Warga Bengkulu! Mulai dari Gulai Kepala Ikan sampai Pindang

2. Membaca Basmallah setiap memulai aktivitas

Mungkin beberapa orang terkadang lupa untuk membaca basmallah ketika memulai suatu pekerjaan. Tetapi, tanpa disadari hal ini mempunyai nilai ibadah yang dahsyat.

Seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa'i)

3. Mengajak dan mendoakan orang lain dalam kebaikan

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bagi siapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia bisa mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan bagi siapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (H.R.Muslim)

BACA JUGA:dr Tirta Bagikan 3 Cara Agar Mie Instan Aman Dikonsumsi Setiap Hari

4. Membaca ayat kursi setelah melakukan shalat

Abu Umamah al Bahily a berkata, Rasulullah bersabda: “bagi siapa yang membaca ayat kursi sesudah setiap shalat wajib, niscaya tidak ada yang menahannya masuk Syurga melainkan kematian” (H.R. an Nasâi dan dishahihkan oleh al Albani di dalam kitab Shahih al Jami’, no. 6464)

5. Membaca Al Quran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: