DPMD Pastikan 4 Kegiatan ini Masih Menjadi Skala Prioritas Dana Desa TA 2024

DPMD Pastikan 4 Kegiatan ini Masih Menjadi Skala Prioritas Dana Desa TA 2024

ilustrasi Dana Desa--

RADARUTARA.ID- Kepala Dinas (Kadis) DPMD Bengkulu Utara, Margono, S.Pd, memastikan, bahwa di dalam pelaksanaan dana desa (DD) TA 2024, mendatang.

4 item kegiatan, ini masih menjadi skala prioritas yang tetap harus dianggarkan oleh seluruh desa. 4 item kegiatan yang dimaksud itu adalah dana operasional desa sebesar 3 persen, program BLT-DD, ketahanan pangan, penanggulangan kasus stunting dan pembangunan fisik.

"Kegiatan diatas masih menjadi skala prioritas DD di TA 2024," ungkap Margono, disela acara Rakorcam di Putri Hijau beberapa waktu, lalu.

BACA JUGA:Motor Dinas Kades di Bengkulu Utara Nilainya Rp 39 Juta/Unit, Bupati Sentil Desa yang Capaian PBB-nya Rendah

Diungkapkan Margono, khusus pelaksanaan program BLT-DD di TA 2024 maksimal desa boleh menganggarkan sebesar 25 persen dan minimalnya tidak ditentukan. Sedangkan untuk program ketahanan pangan tetap dialokasikan sebesar 20 persen.

"Untuk BLT-DD jika batas minimalnya tidak ditentukan, artinya bisa nol," tegasnya.

Ditambahkan Margono, indikator utama yang bisa dijadikan pedoman oleh desa dalam menentukan siapa saja yang layak untuk mendapatkan BLT-DD adalah dengan mengacu ke pendapatan inkam per kapital.

"Itu saja, pendapatan inkam per kapitalnya tidak mencukupi, artinya layak menerima BLT-DD. Bisa seperti orang Jompo atau tidak punya menghasilan sama sekali," demikian Margono.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: