Begini Tanda Orang Dewasa Terjangkit Cacingan, Sudah Makan Banyak Tapi Masih Kurus?

Begini Tanda Orang Dewasa Terjangkit Cacingan, Sudah Makan Banyak Tapi Masih Kurus?

Begini Ciri-ciri Cacingan pada Orang Dewasa, Sudah Makan Banyak Tapi Masih Kurus?--

RADARUTARA.ID - Bukan cuma anak kecil, penyakit cacingan juga bisa dialami oleh orang dewasa khususnya pada orang-orang yang tidak menjalani pola hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Penyebab utama orang dewasa menderita cacingan, biasanya karena lingkungan tempat tinggal yang kotor hingga kondisi sanitasi yang buruk. 

Walaupun begitu, penyebab cacingan pada orang dewasa juga akan berbeda-beda, tergantung dari jenis cacing yang masuk ke dalam tubuh. 

Ada beberapa jenis cacing yang bisa masuk kedalam tubuh manusia terutama orang dewasa hingga akhirnya menyebabkan penyakit yakni, cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, cacing tambang, cacing pipih, serta cacing trikinosis.

Lalu, bagaimana ciri-ciri cacingan pada orang dewasa? Simak dibawah ini:

1. Timbul Rasa Gatal di Sekitar Anus

Infeksi cacing kremi akan menimbulkan rasa gatal di area sekitar anus. Rasa gatal tersebut juga akan bertambah parah ketika malam hari karena cacing akan berpindah ke daerah di sekitar anus untuk bertelur.

2. Merasakan Sakit pada Perut dan Mual

Kalau sudah merasakan hal seperti ini kamu wajib waspada. Hal tersebut lantaran sakit perut dan mual sering kali dianggap hal yang biasa, sehingga kamu harus memeriksakan diri kalau mengalami hal seperti ini berulang kali 

3. Berat Badan Menurun 

Kalau berat badan kamu secara mendadak mengalami penurunan yang signifikan padahal tidak ada mengikuti program diet, kamu harus waspada. Karena, kemungkinan besar ada cacing yang bersarang di dalam tubuhmu dan itu sudah menjadi kondisi yang lumayan parah.

Populasi cacing kremi dalam jumlah besar akan mencuri nutrisi penting yang ada didalam tubuh, sehingga membuat berat badan menjadi turun secara drastis.

4. Merasa Lemas Berlebihan

Rasa lemas yang berlebihan masih berhubungan dengan rasa gatal pada anus, karena gatal yang berlebihan bisa menyebabkan konsentrasi menjadi menurun, tubuh lemas, hingga lelah akibat kesulitan tidur pada malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: