Bagaimana Cara Sedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Pahalanya Sampai?

Bagaimana Cara Sedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Pahalanya Sampai?

Bagaimana Cara Sedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Pahalanya Sampai?--

RADARUTARA.ID - Bersedekah merupakan salah satu amalan yang mempunyai banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia ataupun di akhirat.

Bersedekah bukan cuma bisa dilakukan oleh orang yang masih hidup saja, namun juga dengan orang yang telah meninggal. Lantas bagaimana caranya? Dengan cara bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal.

Bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal merupakan salah satu bentuk bakti dan kasih sayang dari seorang anak kepada orang tuanya.

Melalui bersedekah atas nama orang tua, anak bisa mendoakan dan menyampaikan pahala sedekahnya kepada orang tua yang sudah berpulang ke rahmatullah. Hal ini bisa membantu orang tua memperoleh ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

BACA JUGA:Sifat Gen Z Cenderung Lebih Pemalu Dibanding Gen Milenial, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

Hukum bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal yaitu boleh dan sunnah. Hal ini tercantum jelas dalam hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: “Seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW: ‘Sesungguhnya ibu saya meninggal dunia secara mendadak, dan saya kira seandainya dia bisa bicara dia akan bersedekah. Apakah ada pahala bagi ibu saya jika saya bersedekah atas nama ibu saya?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Ya.’” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Nasa’i)

Berdasarkan hadis di atas, bisa disimpulkan bahwa bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal merupaman amalan yang paling dianjurkan dan mendatangkan pahala untuk orang tuanya tersebut. Bersedekah atas nama orang tua juga menjadi salah satu cara untuk menjalin silaturahmi dengan orang-orang yang dicintai oleh orang tua kita.

BACA JUGA:Makam Keramat Siti Mora Lubuk Linggau, Berbentuk Bulat Mirip Benteng Peninggalan Belanda

Cara bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal mirip dengan cara bersedekah seperti biasanya. Yang harus diperhatikan yaitu niat kita saat bersedekah. Niatkan bahwa kita bersedekah atas nama orang tua kita yang telah meninggal dan ingin mengungkapkan pahala sedekah tersebut kepada mereka.

Bentuk sedekah yang bisa kita lakukan juga dengan berbagai macam, menyesuaikan dengan kemampuan dan kesempatan kita.

Contohnya, memberikan makanan atau minuman kepada orang-orang miskin atau fakir, membayar utang atau kafarat milik orang tua kita jika memang ada, membangun masjid ataupun fasilitas umum lainnya, menyumbang untuk kegiatan sosial atau dakwah, membaca Al-Qur’an atau dzikir, dan hal baik lainnya.

Bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal merupakan salah satu cara untuk menghormati dan mengasihi mereka. Melalui bersedekah atas nama mereka, kita bisa berharap bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa mereka, meninggikan derajat mereka, serta memasukkan mereka ke dalam surga-Nya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: