Meski Bekas Tambang, Kini Bukit Kandis Bengkulu Menjadi Objek Wisata Terkenal di Indonesia

Meski Bekas Tambang, Kini Bukit Kandis Bengkulu Menjadi Objek Wisata Terkenal di Indonesia

Meski Bekas Tambang, Kini Bukit Kandis Bengkulu Menjadi Objek Wisata Terkenal di Indonesia--

RADARUTARA.ID - Bengkulu Tengah atau biasa disebut dengan Benteng, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menyimpan hamparan wisata alam yang masih perawan.

Bukit Kandis menjadi sebuah perbukitan batu yang belakangan ini mulai dikenal dunia luar. Sekarang ini geliat wisatawan mulai bertambah untuk menjadikan bukit ini sebagai pilihan destinasi wisata alam. Objek wisata yang terletak di desa Durian Demang ini menyimpan pesona Bukit Batu di Provinsi Bengkulu.

Diberi nama Kandis karena dahulu di bukit ini penuh dengan pohon asam kandis. Namun sayangnya, saat ini tanaman tersebut sudah hilang seiring eksploitasi tambang batu di kawasan bukit.

Hal yang menjadi pesona dari bukit ini yaitu kolam mata air di puncak bukit. Kolam dengan air bersih dan segar yang tak akan kekeringan walaupun airnya terus diambil atau bahkan di musim kemarau.

BACA JUGA:Honda Rilis Karisma 125 Matic, Harga Rp17 Jutaan, tapi Spesifikasi Setara Vario, Minat?

Kolam alam di puncak Bukit Kandis ini kerap dikaitkan masyarakat setempat dengan keberadaan siluman harimau. Mereka percaya bahwa kolam tersebut menjadi tempat mandi bagi siluman harimau yang menjadi penunggu Bukit Kandis.

Sumber air tersebut kerap dimanfaatkan penambang batu untuk minum atau memasak saat mereka sedang berada di atas bukit. Di kanan kiri kolam terdapat tumbuhan hijau yang subur.

Selain itu, wisata ini juga menyuguhkan trek panjang tebing yang menantang. Ditambah lagi saat ini pemerintah kabupaten Benteng membuka jalur Off Road nasional yang menantang untuk penggemar olahraga mobil Off Road.

Tak jarang juga, kawasan ini dijadikan sebagai lokasi berkemah anak-anak sekolah ataupun para pecinta alam.

BACA JUGA:Hore! Bank Dunia Bantu Perangkat Komputer dan Internet Untuk Desa Cerdas

Pesona Bukit Kandis ini berbentuk seperti Spink di Mesir lokasinya berada cukup dekat dengan kota Bengkulu. Cuma membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk mencapai wisata alam ini. 

Ada satu hal yang harus diperhatikan pemerintah setempat yakni akses jalan menuju Bukit Kandis yang masih belum mulus. Terdapat jalan berbatu yang terjal untuk bisa sampai ke bukit yang indah ini.

Tetapi semua perjuangan tersebut akan impas saat kamu sampai dan menikmati pesona Bukit Kandus di Bengkulu ini. Bukit dengan pesona alam dan mitos yang menggoda untuk dikunjungi. Jadi kalau ke Benteng, jangan lupa mampis ke Bukit Kandis ya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: