Hore! Bank Dunia Bantu Perangkat Komputer dan Internet Untuk Desa Cerdas

Hore! Bank Dunia Bantu Perangkat Komputer dan Internet Untuk Desa Cerdas

Hore! Bank Dunia Bantu Perangkat Komputer dan Internet Untuk Desa Cerdas--

RADARUTARA.ID -  Ada kabar baik bagi desa -desa di Indonesia, hal itu disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Gus Halim menyatakan negosiasinya dengan perwakilan World Bank (WB) atau Bank Dunia telah mencapai kesepakatan, sehingga Indonesia mendapatkan bantuan perangkat digitalisasi untuk Desa Cerdas.

Bank Dunia telah menyepakati dengan Kemendes RI sepakat kepada seluruh desa desa cerdas, berupa perlengkapan digitalisasi.

BACA JUGA:Pemerintah Larang Pedagang Jual Rokok Ketengan, ini Aturannya

Menteri desa mengaku, Bank Dunia berkomitmen membantu desa berupa komputer, koneksi jaringan internet, layar proyektor hingga printer.

"Alhamdulillah Bank Dunia setuju, kami usulkan bantuan ke desa berupa komputer dan bantuan program. Karena jika mereka menolak, maka kegiatan Desa Cerdas tidak dilanjutkan," ujar Gus Halim, Minggu (19/11/2023).

Kemendes menambahkan, ada tiga elemen pendukung yang mengimplementasikan sebuah desa sebagai Desa Cerdas. 

Menurutnya, mulai dari kapasitas kelembagaan pemerintah, kualitas sumber daya manusia, dan infrastruktur teknologi.

BACA JUGA:Tanpa Klinik Kecantikan, Ini Bahan Alami untuk Botox Mandiri di Rumah, Dijamin Glowing dan 10 Tahun Lebih Muda

Ketiganya ini merupakan tantangan tersendiri khususnya bagi kepala desa, pendamping desa, serta kader dan duta digital. 

Untuk menjadikan desa cerdas, dibutuhkan fondasi pengembangan Desa Cerdas secara berkelanjutan.

Gus Halim menyampaikan, Kemendes PDTT, juga menyediakan pendanaan sebesar Rp20 juta per tahun untuk kegiatan Ruang Komunitas Digital Desa.

Diantaranya pendanaan kegiatan pertemuan, inisiatif gerakan digitalisasi, hingga kebutuhan langganan internet secara berkala.

"Program Desa Cerdas ini merupakan kesempatan baik bagi desa, untuk mengembangkan Ruang Komunitas Digital Desa. Untuk menjalani transformasi digital dari ketertinggalan suatu desa menuju Indonesia Maju," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: