Apa Hukum Wanita Haid Berdoa di Sepertiga Malam? Apakah Boleh?

Apa Hukum Wanita Haid Berdoa di Sepertiga Malam? Apakah Boleh?

Apa Hukum Wanita Haid Berdoa di Sepertiga Malam? Apakah Boleh?--

RADARUTARA.ID - Pertanyaan ini pasti sering muncul, pasalnya wanita yang sedang mengalami siklus bulanan tersebut, diharamkan untuk menunaikan sholat dan puasa. Tetapi, para ulama menegaskan masih banyak amalan sunnah lain yang bisa diamalkan bagi wanita yang sedang haid supaya tidak ketinggalan pahalanya, terutama berdoa.

Ditambah lagi, jika berdoa di waktu-waktu yang mustajab salah satunya pada sepertiga malam akan sangat dianjurkan.

Pada hakikatnya, berdoa adalah penanaman sugesti atau afirmasi, yakni memberikan keyakinan kepada alam bawah sadar pikiran kita. Ketika berdoa, alangkah baiknya tubuh dalam kondisi relaks, tenang, hening, atau sedang khusyuk.

BACA JUGA:Ditemukan Meninggal Saat Sedang Tidur, Kematian Anak Dr. Suharti Pala Disebut Penuh Misteri dan Tak Wajar

Untuk memperoleh kondisi demikian tentunya akan membutuhkan waktu-waktu tertentu. Maka berdoa di sepertiga malam sangat dianjurkan untuk diamalkan terutama bagi wanita yang tengah berhadas tersebut.

Menurut beberapa ulama, pada waktu sepertiga malam pintu-pintu doa dibuka selebar-lebarnya dan Allah SWT turun ke bumi untuk melihat para hamba-Nya yang ingin berdoa dan bermunajat kepada-Nya. Ini tercantum di dalam HR Imam Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan an-Nasa’i.

Pada sepertiga malam ini, walaupun tidak menunaikan sholat tahajud atau sholat malam lainnya, wanita haid bisa menyampaikan semua doa dan keinginan kepada Allah SWT dimanapun dan kapanpun. Cara ini adalah bentuk agar wanita yang sedang haid selalu terhubung dengan Allah SWT.

BACA JUGA:Cuma Rp8 jutaan, HP Tecno Phantom V Flip 5G Bakal Saingi Samsung dan Oppo

Berdoa bisa menjadi kesempatan baginya untuk menyampaikan curhat, meminta ampunan dari semua dosa yang telah diperbuat, meminta rezeki, kesehatan, dan hal lainnya. Pasti diri kita akan menjadi jauh lebih nyaman dan terlindungi.

Selain melakukan doa, ada pula amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan oleh wanita yang tengah haid.

Adapun amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid dan nifas diantaranya seperti Berdzikir, Berdoa, Mendengarkan Al Qur'an, Mendengarkan tausiyah dan menuntut ilmu, Bersilaturahmi, hingga bersedekah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: