Apakah Sah Sholat Hanya Membaca Surat Al-Fatihah Saja di Setiap Rakaatnya? Cek Disini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Sah Sholat Hanya Membaca Surat Al-Fatihah Saja di Setiap Rakaatnya? Cek Disini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Sah Sholat Hanya Membaca Surat Al-Fatihah Saja di Setiap Rakaatnya? Cek Disini Penjelasan Lengkapnya--

RADARUTARA.ID - Masalah lupa atau mungkin hafalan cuma sedikit, terkadang membuat seorang muslim tidak membaca surat lagi setelah membaca Al Fatihah di setiap rakaat dalam sholat.

Terutama bagi para mualaf yang baru saja belajar Islam dan Alquran. Perbuatan seperti ini dijelaskan langsung oleh Sekretaris Lembaga Fatwa Mesir yang bernama Dar Ifta, Dr Ahmed Mamdouh.

Dirinya menjelaskan bahwa kewajiban dalam sholat yaitu dengam membaca surat Al Fatihah saja. Sementara membaca surat lain setelahnya termasuk sunah dan diperbolehkan membaca surat apapun.

BACA JUGA:Misteri Rumah Kosong Milik Dr. Suharti Pala, Dibiarkan Terbengkalai Bersama Sebuah Brankas Besar Didalamnya

Bahkan apabila jamaah cuma membaca Al-Fatihah saja dalam shalatnya, hukumnya tetap sah. Namun dengan melakukannya, dia akan meninggalkan karunia serta pahala yang bisa dia dapatkan dengan membaca surat lain seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Si halaman resminya, Dar Ifta juga mengungkapkan bahwa pengulangan surat dalam setiap rakaat hukumnya adalah makruh.

Mantan Mufti Mesir bernama Syekh Ali Jumah bahkan mengatakam, membaca surat pendek seperti Al Ikhlas di setiap sholat hukumnya sah atau diperbolehkan. Apalagi dalam bermacam riwayat, surat Al Ikhlas mempunyai banyak sekali keutamaan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Mazhab Syafi'i bahkan memperbolehkan untuk membaca satu ayat saja sesudah membaca Al-Fatihah. Ali Jumah menceritkan kalau ada orang yang sholat dhuha sampai 100 rakaat dengan membaca satu ayat saja, yaitu surat Ar Rahman ayat 64.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: