Jika Ditinggalkan Jadi Tidak Sah, Ini 5 Bacaan yang Wajib dalam Sholat

Jika Ditinggalkan Jadi Tidak Sah, Ini 5 Bacaan yang Wajib dalam Sholat

Jika Ditinggalkan Jadi Tidak Sah, Ini 5 Bacaan yang Wajib dalam Sholat--

RADARUTARA.ID- Dalam menunaikan sholat wajib ataupun sunnah, seorang muslim wajib mengerjakan rukun-rukun sholat yang ada di dalamnya. Terutama melakukan rukun qauli dalam sholat.

Rukun qauli merupakan perkataan-perkataan atau bacaan-bacaan yang ada di dalam rangkaian sholat. Rukun qauli ini wajib dibaca hingga bacaannya bisa didengar oleh telinga sendiri.

Untuk seorang imam, bacaan rukun qauli ini wajib dinyaringkan sehingga bisa didengar oleh ma'mum di belakangnya.

Adapun bacaan wajib dalam sholat adalah Takbiratul Ihram, membaca Surat Al-Fatihah, Tasyahud akhir, Sholawat dalam Tasyahud Akhir, dan terakhir Salam Pertama.

BACA JUGA:Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak

1. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram yaitu mengangkat kedua tangan sambil membaca kalimat:

Allahu akbar

Artinya: "Allah Maha Besar"

2. Membaca Al Fatihah

Surah Al Fatihah merupakan bacaan yang wajib dibaca oleh setiap orang yang mengerjakan sholat wajib ataupun sunnah. Berikut bacaan Surah Al Fatihah ayat 1-7:

Bismillahir rahmaa nirrahiim. Alhamdulilla hi rabbil 'alamin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shirraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.

Artinya : "Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

BACA JUGA:20 Negara dengan Polusi Terparah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: