Jamu Herbal Ini Bagus untuk Penderita Cacar Monyet, Begini Cara Membuatnya

Jamu Herbal Ini Bagus untuk Penderita Cacar Monyet, Begini Cara Membuatnya

Jamu Herbal Ini Bagus untuk Penderita Cacar Monyet, Begini Cara Membuatnya--

RADARUTARA.ID - Baru-baru ini, wabah cacar monyet atau monkeypox beredar di beberapa negara. Tentu hal ini membuat khawatir masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, Cacar monyet adalah infeksi virus yang bersifat self healing disease alias bisa sembuh sendirinya, yang membutuhkan bantuan dari imunitas tubuh. 

Salah satu cara untuk memperkuat imunitas yaitu dengan cara mengonsumsi ramuan herbal.

BACA JUGA:Cuma Budget Rp64 Juta, Berikut ini Desain Rumah Papan Sederhana dan Nyaman

Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia atau PDPOTJI menyarankan bagi penderita cacar monyet untuk mengonsumsi jamu herbal yang bersifat imunostimulan.

"Obat atau jamu herbal yang umumnya digunakan untuk membantu penyembuhan atau juga mempercepat penyembuhan cacar monyet yaitu herbal-herbal yang bersifat imunostimulan," ucap Ketua Umum PDPOTJI, Inggrid Tania.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali herbal-herbal yang bersifat imunostimulan sehingga bisa menjadi pilihan. Seperti meniran, sambiloto, temulawak, kunyit, jahe, pegagan, dan juga bawang putih.

Pasien dianjurkan untuk meminum jamur tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, minumlah jamu sebelum makan. Tetapo bagi pasien yang punya masalah di lambung, jamu akan aman apabila diminum sesudah makan.

BACA JUGA:6 Langkah Penanganan Cacar Monyet untuk Meredakan Gejala yang Mungkin Saja Menyerang

Jika ingin membuat jamu dirumah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan seperti meniran, sambiloto, temulawak, kunyit, jahe, pegagan, dan juga bawang putih bisa diracik sendiri di rumah. Caranya juga terbilang cukup gampang.

1. Pastikan bahan-bahan herbal yang akan digunakan sudah dicuci bersih. 

2. Kalau sudah bersih, geprek bahan herbal yang digunakan.

Tak perlu banyak-banyak, kamu cuma perlu menggunakan bahan herbal tersebut sebesar ibu jari. Dengan takaran itu, kamu bisa membuat 1-2 gelas air rebusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: