Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Jenis Obat Herbal ini, Kadar Gula Darah Auto Turun

Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Jenis Obat Herbal ini, Kadar Gula Darah Auto Turun

Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Jenis Obat Herbal ini, Kadar Gula Darah Auto Turun--

2. Kayu Manis

Kayu manis memberikan rasa manis alami. Tak heran jika kayu manis kerap dijadikan bahan tambahan agar makanan atau minuman terasa manis tanpa harus pakai gula.

Selain memberikan rasa manis, beberapa riset menemukan, kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah puasa. Herbal satu ini juga membantu mengurangi resistensi insulin pada pengidap prediabetes dan diabetes tipe 2.

3. Pare

Rasanya yang agak pahit membuat pare mampu menambah cita rasa pada masakan. Pare pun terbukti bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Studi pada 2020 menemukan, partisipan yang mengonsumsi ekstrak pare selama 12 minggu, kadar glukosa puasanya jadi lebih rendah.

BACA JUGA:Waspada, Konsumsi Kolagen Berlebih Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

4. Jahe

Herbal andalan saat masuk angin ini ternyata juga bisa diandalkan pengidap diabetes. Tinjauan pada 2015 menemukan, jahe mampu menurunkan kadar gula darah.

Studi kecil pada 2017 juga menemukan jahe mampu menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c sebagai penanda diabetes.

5. Ginseng

Karbohidrat merupakan salah satu biang kerok kenaikan kadar gula darah. Seperti dikutip dari Healthshots, ginseng dapat mengurangi tingkat penyerapan karbohidrat tubuh.

Di samping itu, ginseng akan merangsang produksi insulin sehingga gula yang masuk dapat dikelola tubuh jadi energi.

Sah-sah saja jika Anda ingin mencoba deretan obat herbal untuk turunkan gula darah ini. Namun sebelum konsumsi, terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter agar penggunaan jadi lebih tepat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: