5 Negara Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Ada Sejak 6.000 SM

5 Negara Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Ada Sejak 6.000 SM

Ini 5 Negara Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Ada Sejak 6000 SM--

RADARUTARA.ID - Diketahui lebih dari 190 negara tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa atau bisa disingkat PBB. Dari negara-negara tersebut, ada negara tertua di dunia yang diketahui sudah ada sejak 6000 SM apabila dilihat dari sejarah peradabannya.

Masyarakat peradaban awal, pada tahun 6500 SM, mulai berhenti mempraktikkan kehidupan nomaden. Mereka mulai menetap di sebuah daerah kemudian mengembangkan wilayahnya. Kondisi inilah yang menjadi cikal bakal pemikiran untuk berdirinya sebuah negara.

Berikut 5 negara tertua di dunia yang harus kamu ketahui:

1. Mesir (6000 SM) 

Mesir (Republik Arab Mesir), punya peradaban yang telah dimulai sejak 6000 SM. Suku asli dari negara ini yaitu suku nomaden dari Gurun Sahara Afrika. Ketika itu, telah terbentuk beberapa kelompok pemburu yang menetap di Lembah Sungai Nil. Mesir merupakan negara kerajaan sebagai sistem pemerintahannya.

BACA JUGA:Kesempatan Terbatas, Dapatkan Beasiswa Hingga Rp50 Juta di Sini, Hanya Sampai 3 November

2. India (3300 SM) 

India merupakan negara kedua tertua di dunia yang memulai peradabannya di tahun 3300 SM.

Sekarang ini, India terkenal sebagai negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi nomor dua sesudah China. Di tahun 2023, penduduk India tercatat sampai 1,41 miliar jiwa.

3. Afghanistan (3000 SM) 

Peradaban di negaran ini dimulai sekitar 3000 SM, yang dimulai dari Kota Mundi Gak. Bukti usia peradaban Afghanistan bisa dilihat dari adanya Lembah Indus yang dipercaya oleh para arkeolog sebagai koloni pertama dari negara Afghanistan. 

BACA JUGA:Kandungan Kafein dalam Kopi Disebut Memengaruhi Tekanan Darah, Benarkah Demikian?

4. China (2070 SM) 

Jumlah penduduk di negara bambu ini tercatat sebanyak 1,43 miliar jiwa. Bukan hanya menjadi negara tertua saja, namun China juga termasuk negara terbesar yang mulai dihuni sejak 2070 SM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: