Tata Cara Pelaksanaan Sholat Taubat Beserta Doanya

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Taubat Beserta Doanya

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Taubat Beserta Doanya--

RADARUTARA.ID - Setiap manusia di muka bumi pastilah memiliki dosa, tidak ada manusia yang tidak memiliki dosa. Yang terbaik dari seorang yang memiliki dosa adalah bertobat dan bermohon ampun kepada yang maha kuasa, menyesali setiap perbuatan serta berjanji tidak akan mengulangi hal yang sama.

Salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan melaksanakan salat. Salat taubat sendiri merupakan sebuah amalan ibadah yang dilakukan seseorang setelah menyesali setiap dosa yang pernah ia perbuat.

Hadits dari Abu bakar radhiyallahu anhu merupakan hadis yang menjelaskan tentang salat taubat, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Tiada seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya." (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

BACA JUGA:Bukan Daun Kelor, Tapi Jenis Tanaman ini yang Paling Ditakuti Jin dan Ampuh Obati Santet

Setelahnya, Rasulullah SAW membacakan surah Ali Imran ayat 135 yang berbunyi,

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ ١٣٥

Artinya: "Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui(-nya)." (QS Ali 'Imran: 135)

Ketika anda sedang melaksanakan salat tobat Anda bisa mengamalkan doa, Berikut ini adalah bacaan doa salat taubat.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم الَّذِي لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Arab latin: Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

BACA JUGA:Suami Istri Baca Doa Ini di Hari Jumat, Agar Terbebas dari Hutang Kata Ustadz Adi Hidayat

Kemudian setelah melaksanakan salat taubat Anda juga dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Arab latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: