Karhutla di Desa Rena Jaya Berhasil Dipadamkan, Diduga Putung Rokok Sebabkan Kebakaran

Karhutla di Desa Rena Jaya Berhasil Dipadamkan, Diduga Putung Rokok Sebabkan Kebakaran

Gafur/RU.ID- Proses pemadaman kebakaran di lahan Desa Rena Jaya--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Kebakaran lahan kembali terjadi di Desa Rena Jaya, Kecamatan Giri Mulya, Bengkulu Utara, Senin (2/10/2023) sekitar pukul 14.30 WIB di lahan warga.

Kapolsek Giri Mulya, IPTU Freddy Simaremare kepada radarutara.id mengatakan, adanya titik api yang terpantau berdasarkan laporan Masyarakat yang  terjadi di Desa Rena Jaya.

Lahan yang terbakar tersebut dijelaskan Kapolsek, merupakan jenis rumput Ilalang dan Kayu karet yang sudah kering dan luas lahan diperkirakan 0,5 Ha.

"Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok warga yg sedang mencari ikan di sungai tepatnya di sebelah lahan yang terbakar," ungkapnya.

BACA JUGA:Diserang Kabut Asap, Anak Sekolah di Jambi Terpaksa Belajar di Rumah

IPTU Freddy menceritakan kronologi kejadian, pada saat personil TNI Kodim 0423/ dan warga tengah melakukan pembangunan sumur air bersih dalam rangka TNI manunggal air yang tidak jauh dari lokasi kejadian kurang lebih berjarak 100 meter. 

Mendapat informasi dari warga terdapat kepulan asap dari lahan sawit yang tak jauh dari anggota TNI bersama warga. 

"Melihat ada kepulan asap, anggota TNI, Warga melakukan pengecekkan lokasi dan berkoordinasi bersama Polsek Giri Mulya dan pemadam kebakaran.  Selanjutnya tim menuju lokasi untuk melakukan pemadaman,"jelasnya.

BACA JUGA:Dilanda Kemarau Panjang, Sawah Marak di Alih Fungsikan, Ini Kata Bupati Bengkulu Utara

Setelah dilakukan upaya pemadaman menggunakan Pemadam Kebakaran, akhirnya titik api dapat dipadamkan pada pukul 17.30 WIB.

"Kendala di lokasi adalah banyaknya kayu karet yang sudah kering dan angin bertiup cukup kencang membuat api bertambah besar,"demikian Kapolsek.

Dikesempatan itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas yang mengakibatkan terjadinya kebakaran, seperti membuang puntung rokok sembarangan serta membersihkan lahan maupun hutan dengan cara dibakar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: