Daftar Nama Korban Peristiwa G30S PKI, 7 Pahlawan Revolusi Harus Gugur dalam Gelapnya Lubang Buaya

Daftar Nama Korban Peristiwa G30S PKI, 7 Pahlawan Revolusi Harus Gugur dalam Gelapnya Lubang Buaya

Daftar Nama Korban Peristiwa G30S PKI, 7 Pahlawan Revolusi Harus Gugur Dalam Gelapnya Lubang Buaya.--

RADARUTARA.ID - Peristiwa G30S PKI telah menimbulkan tragedi bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tujuh orang pahlawan revolusi, terdiri dari enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD.

Menjadi korban dalam peristiwa yang terjadi pada malam pergantian tanggal 30 September menjadi 1 Oktober 1965 tersebut. Nama-nama mereka adalah:

1. Jenderal Ahmad Yani.

2. Mayjen R Soeprapto.

3. Mayjen MT Haryono.

4. Mayjen S Parman.

5. Brigjen DI Panjaitan.

6. Brigjen Sutoyo.

7. Lettu Pierre A Tendean.

BACA JUGA:Pantas Lurah di Gunung Kidul Keluhkan Biaya Hajatan, Ternyata Gajinya Hanya Segini

Ketujuh pahlawan ini dituduh akan melakukan kudeta terhadap Presiden saat itu, Soekarno, melalui Dewan Jenderal. Mereka diculik, disiksa, dan dibunuh di sumur Lubang Buaya, Jakarta Timur. Semua korban tersebut dianugerahi gelar sebagai pahlawan revolusi.

Proses evakuasi jenazah korban G30S PKI dari Lubang Buaya dilakukan oleh Resimen Para Anggota Komando Angkatan Darat (RPKAD).

Penemuan jenazah korban G30S PKI tidak lepas dari peran Sukitman, seorang anggota kepolisian yang dibawa paksa ke Lubang Buaya oleh kelompok G30S pada 1 Oktober 1965.

Namun, Sukitman berhasil meloloskan diri, Tim dari AL mengalami kesulitan dalam proses evakuasi jenazah pada hari pertama. Proses pengangkatan jenazah dimulai pada 3 Oktober 1965 dan baru berhasil dilakukan pada 4 Oktober 1965 menggunakan tabung zat asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: