Ternyata Deretan Kata Bahasa Jawa Ini Terdaftar di KBBI, dari Ambyar Hingga Guyon

Ternyata Deretan Kata Bahasa Jawa Ini Terdaftar di KBBI, dari Ambyar Hingga Guyon

Ternyata Deretan Kata Bahasa Jawa Ini Terdaftar di KBBI, Dari Ambyar Hingga Guyon--

RADARUTARA.ID - Bahasa Jawa, sekarang ini sudah mulai memenuhi ruang dengar kita kembali. Lagu-lagu dari Denny Caknan menaikkan rasa penasaran banyak orang pada bahasa daerah tersebut.

Namun, tahukah kamu jika ada beberapa kata bahasa Jawa yang sudah terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia? Ini dia .. kata bahasa Jawa yang masuk dalam KBBI. Mari simak bersama

1. Ambles

Kata 'ambles' memang sudah cukup banyak digunakan, khususnya dalam berita-berita nasional saat sedang terjadi bencana alam atau hal lainnya. 'Ambles' adalah kata serapan dari bahasa Jawa yang artinya turun (ke dalam tanah), tenggelam. 

BACA JUGA:Terbukti Melanggar & Merugikan Pelanggan, 10 Aplikasi Pinjol Ini Resmi Diblokir OJK, No 1 dan 2 Sangat Populer

2. Ambyar

Kata ini sering digunakan untuk mengungkapkan kesedihan yang amat mendalam, serupa dengan lirik lagu karya Didi Kempot yang memang menyayat hati. Nah, bahasa Jawa yang satu ini ternyata sudah terdaftar di KBBI.

'Ambyar' memiliki makna bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi. Sebagai contoh, kamu bisa bayangkan saat segenggam beras jatuh ke lantai. Jadilah ambyar, berceceran, atau tercerai berai.

 

3. Kesengsem

Apa yang terlintas di pikiran saat disebut kata 'kesengsem'? Wajah yang merah merona saat ada seseorang yang begitu mempesona, perasaan juga ikut campur aduk senang dan malu-malu.

Memang, kata bahasa Jawa ini di dalam KBBI memiliki makna sangat tertarik hati (tergila-gila) sehingga terlupa diri, terpesona.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Ibadah Paling Afdol yang Gampang Diamalkan, Cukup Lakukan 1 Hal Simpel Ini

4. Pepet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: