Boleh Ditiru, 4 Amalan Anjuran Rasulullah Bikin Tidurmu Jadi Ladang Pahala

Boleh Ditiru, 4 Amalan Anjuran Rasulullah Bikin Tidurmu Jadi Ladang Pahala

Boleh Ditiru, 4 Amalan Anjuran Rasulullah Bikin Tidurmu Jadi Ladang Pahala--

RADARUTARA.ID - Tidur menjadi aktivitas penting untuk mengistirahatkan tubuh dari pikiran seusai seharian capek melakukan banyak kegiatan. Tetapi jangan sampai tidur yang kamu lakukan cuma sekedar waktu istirahat tanpa mengundang pahala.

Dalam agama Islam, tidur bisa mendatangkan pahala apabila dilakukan sesuai ajaran agama. Amalan ini juga diajarkan oleh Rasulullah SAW setiap harinya.

Lalu amalan apa yang dimaksud? Ini dia ulasan selengkapnya:

1.Berwudhu

Sebelum tidur, Rasulullah SAW mengajarkan untuk selalu berwudhu dan dalam keadaan suci. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis yang artinya:

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci," Hadis Ibnu Hibban.

BACA JUGA:6 Nasehat Sederhana dari Mbah Moen Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Quran yaitu surat Az-Zumar ayat 42 yang isinya mengenai penjagaan Allah SWT kepada orang-orang beriman yang saat itu tengah tertidur:

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan (QS Az-Zumar:42)

2. Membaca Al Fatihah dan Surat Muawwidzatain

Amalan yang harus dilakukan umat muslim sebelum tidur yang selanjutnya yaitu membaca Al Fatihan dan Muawwidzatain. Al Fatihah adalah surat yang berisi tentang meminta pertolongan dan memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT.

Setelah membaca al fatihah, berikutnya adalah membaca surat Muawwidzatain yaitu surat Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq. Ketiga surat diatas juga mempunyai arti memohon perlindungan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Pilih Suka-suka, Nasabah Mandiri Layani Pinjaman Rp100 Juta By Livin Melalui Power Cash

3. Membaca Ayat Kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: