Ini Cara Mudah untuk Mengecek Status Keaktifan Peserta BPJS kesehatan

Ini Cara Mudah untuk Mengecek Status Keaktifan Peserta BPJS kesehatan

Ini Cara Mudah Untuk Mengecek Status Keaktifan Peserta BPJS kesehatan--

RADARUTARA.ID - Setiap Bulan anggota BPJS memang diwajibkan untuk membayar iuran setiap tanggal yang telah di tetapkan, akan tetapi bagaimana jika orang tersebut lupa sehingga membuat dirinya tidak aktik lagi peserta.

Jika kamu mengalami hal tersebut, tentunya kamu harus segera melakukan pengecekan apakah kamu masih aktif atau tidak sebagai peserta BPJS kesehatan. Berikut cara mudah untuk mengeceknya.

Untuk diketahui BPJS sendiri memang sudah menyiapkan beberapa layanan untuk mengecek keaktifan status peserta. Oleh sebab itu peserta tidak perlu lagi repot - repot untuk datang ke kantor BPJS untuk melakukan pengecekan.

BACA JUGA:Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank, Kamu Harus Perhatikan Hal Ini Sebelumnya

Ada beberapa cara yang sangat mudah agar kamu bisa melakukan pengecekan keaktifan keanggotaan kamu.

1. Cek melalui aplikasi Mobile JKN

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menge ek dk Mobile JKN, Aplikasi ini sendiri bisa kamu download secara gratis di Play Store ataupun Appstore. 

Setelah di dowload selanjutnya kamu masuk ke dalam aplikasi tersebut eenrgna menggunakan NIK dan pasword, setelah itu pilih menu peserta maka akan muncul halaman yang memperlihatkan kamu masih aktif atau tidak sebagai peserta BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Terjebak Paylater, Pemerintah Diminta Edukasi Keuangan Pada Generasi Muda

2. Cek lewat Chat Assistant JKN (CHIKA)

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengecek status kamu di BPJS kesehatan adalah dengan cara menghubungi BPJS lewat layanan yang telah di sediakan.

Layanan ini bernama Chika, yang bisa di akses di beberapa platform media sosial seperti Facebook Massaager, WA dan telegram.  @Chika_BPJSKesehatan_bot (Telegram), 08118750400 (WhatsApp).

 

3. Cek lewat Care Center BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: