Umat Islam Wajib Tahu, Ini 5 Doa Iftitah yang Diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW

Umat Islam Wajib Tahu, Ini 5 Doa Iftitah yang Diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW

Umat Islam Wajib Tau, Ini 5 Doa Iftitah yang Diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW--

RADARUTARA.ID - Doa iftitah merupakan Doa yang dipanjatkan ketika sedang melaksanakan salat fardu, atau yang lebih tepatnya yaitu setelah takbiratul ihram. Adapun hukum membaca Doa iftitah merupakan sunnah, tidak perlu melakukan sudut sahwi apabila lupa membacanya.

Dalam buku yang berjudul q&a persoalan Islam, Kusnadi S.Ag M.Ag M.AHum. Menyebutkan bahwasanya doa iftitah memiliki banyak bentuk, berdasarkan riwayat-riwayat dari hadis setidaknya ada lima jenis doa iftitah yang bisa diamalkan.

1. Doa iftitah pertama ini seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis muslim, abu daud, dan Tirmidzi. 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Arab-latin: Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarokasmuka wa ta'aalaajadduka wa laa ilaha ghoiruk.

Artinya: Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau.

BACA JUGA:Baca Ijazah Shalawat dari Ustadzah Halimah Alaydrus Ini, Masalah Rumit Pasti Tuntas

2. Doa ini berdasarkan hadis riwayat Muslim, dimana doa ini di bacakan ketika  Rasulullah SAW melakukan salat malam.

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اِهْدِنِى لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِى مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Arab-latin: Allahumma robba jibroo-iila wa mii-ka-iila wa isroofiila, faathiros samaawati wal ardhi 'aliimal ghoibi wasy syahaadah anta tahkumu bayna ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun, ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik, innaka tahdi man tasyaa-u ilaa shirootim mustaqiim.

Artinya: Ya Allah, Rabbnya Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Rabb yang mengetahui yang gaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum untuk memutuskan apa yang mereka pertentangkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki.

 

3. Doa ini umum di pakai oleh kebanyakan orang, doa ini di ajarkan oleh kebanyakan orang tu ketika memperkenalkan solat pada anak mereka. 

الله أكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا

Arab-latin: Allahu akbar, kabirau walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukrotaw washila

Artinya: Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyak pujian. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore.

أنى وجهت وجهي للذى فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين

Arab-latin: inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: