Ini Arti dan Konsep Frugal Living yang Benar, Hidup Seperlunya Bukan Pelit

Ini Arti dan Konsep Frugal Living yang Benar, Hidup Seperlunya Bukan Pelit

Ini Arti dan Konsep Frugal Living, Hidup Sederhana Bukan Pelit--

RADARUTARA.ID - Baru-baru ini media sosial banyak membahas tentang gaya hidup yang menganut frugal living.

Salah satunya ditunjukkan oleh seorang wanita yang mengaku menjalani frugal living dengan tidak datang ke undangan, tidak mengirim uang ke orangtua dan mertua serta tidak berbagi pada siapapun.

Konsep ini lantas mendatang pro dan kontra. Pasalnya, hal ini tidak patut disebut sebagai frugal living, namun pelit keterlaluan.

Di sisi lain, salah satu pengguna media sosial mengungkapkan, bahwa ayahnya adalah seorang yang bekerja serabutan dan ibunya seorang Polwan.

Lantas, kedua orangtuanya tersebut kompak untuk menjalani hidup dengan sederhana, kemudian berhasil membeli kebun untuk ditanami sawit dan beternak sapi.

Dikatakannya, kedua orangtuanya menempatkan prioritas tabungan masa depan pendidikan anak-anak sehingga bisa berhasil menyekolahkan anaknya hingga ada yang lulus IPDN dan menjadi Polwan.

Mereka tidak membuat rumah yang mewah, tidak membeli mobil yang mewah dan sesuai keperluan.

Alhasil, kini kedua orangtuanya disebutnya telah menikmati masa pensiun dengan baik lantaran prioritas untuk menjadikan anak-anaknya berhasil telah tercapai dan bisa menikmati hidup.

Lantas bagaimana frugal living atau hidup seperlunya itu? Berikut ulasannya.

Frugal living adalah gaya hidup yang difokuskan pada penghematan uang dan sumber daya. Orang yang menjalani gaya hidup ini akan mencoba untuk mengurangi pengeluaran mereka semaksimal mungkin, tanpa mengorbankan kualitas hidup mereka.

Ada banyak cara untuk menjalani gaya hidup frugal. Beberapa orang mungkin memilih untuk memasak makanan mereka sendiri di rumah, daripada makan di luar. Yang lain mungkin memilih untuk menggunakan transportasi umum, daripada mengendarai mobil. Dan masih banyak lagi yang mungkin memilih untuk membeli barang-barang bekas, daripada yang baru.

Tujuan dari frugal living adalah untuk mencapai kebebasan finansial dan hidup yang lebih sederhana. Dengan menghemat uang, orang yang menjalani gaya hidup ini dapat mencapai tujuan-tujuan mereka, seperti membeli rumah, pensiun lebih awal, atau memberikan kembali kepada komunitas mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat dari frugal living:

1. Hemat uang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: