Memasuki Umur 40 Tahun, Cukup Lakukan Amalan Ini Agar Selamat Dunia Akhirat

Memasuki Umur 40 Tahun, Cukup Lakukan Amalan Ini Agar Selamat Dunia Akhirat

Memasuki Umur 40 Tahun, Cukup Lakukan Amalan Ini Agar Selamat Dunia Akhirat--

RADARUTARA.ID - Allah SWT mengatanan dalam Al-Qur'an, usia 40 tahun merupakan usia di mana manusia mencapai puncak kehidupannya yang lebih baik dari segi fisik, intelektual, emosi dan spiritualnya.

Saat memasuki usia 40 tahun, manusia meninggalkan usia mudanya dan melangkah pada usia dewasa yang sebenar-benarnya. Ketika memasuki usia 40 tahun, kita disarankan untuk membaca doa ini:

Dalam firman Allah SWT: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan kepada orang tuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang Muslim." (QS. Al Ahqaf : 15).

BACA JUGA:Sudah Lama Jadi Karyawan, Segera Cek Lewat JMO Saldo BPJS Ketenagakerjaan Kalian, Lumayan Buat Modal Usaha

Di dalamnya mengandung makna yang jelas, bahwa mereka sudah menerima nikmat yang sempurna, kecenderungan untuk memiliki keluarga yang harmonis, dan kecenderungan untuk bertaubat dan kembali pada jalan Allah SWT.

Di ayat yang lain Allah SWT juga berfirman: "Apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang-orang yang berpikir, dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan?" (QS. Fathir : 37).

Para ulama mengungkapkan yang dimaksud dengan umur panjang di masa yang cukup untuk berpikir dalam ayat itu merupakan saat memasuki umur 40 tahun.

Imam Ibnu Katsir menyampailan, ayat tersebut memberikan petunjuk bahwa di usia menjelang 40 tahun, hendaknya manusia memperbarui taubat dan kembali pada jalan Allah SWT dengan bersungguh-sungguh.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Ajarkan 4 Doa Singkat yang Memberikan Manfaat Luar Biasa, Bisa Selamat Dunia Akhirat

Imam Nawawi juga ikut berpendapat, “Diceritakan dari para warga Madinah, apabila salah satu dari mereka sudah memasuki usia 40 tahun, maka itu merupakan saat yang telat untuk meningkatkan dirinya dalam beribadah kepada Allah SWT.”

Pada kitab tafsir Al-Jami’ li Ahkam Al-Quran, Imam al-Qurthubi menceritakan bahwa Imam Malik bin Anas pernah menyampaikan: 

“Saya pernah bertemu para ahli ilmu di kampung kami mencari dunia dan ilmu serta ikut berbaur dengan banyak orang. Kemudian ketika memasuki usia 40 tahun, mereka tidak ingin berbaur atau berkumpul dengan orang-orang, mereka justru lebih memilih melakukan ibadah hingga ajal menjemput mereka.” 

Jadi inti dari artikel ini, jika kamu sudah menginjak usia 40 tahun maka dianjurkan untuk senantiasa memperbarui taubat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: