7 Amalan yang Bisa Dikerjakan Oleh Wanita Selama Haid, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

7 Amalan yang Bisa Dikerjakan Oleh Wanita Selama Haid, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

7 Amalan Yang Bisa Dikerjakan Oleh Wanita Selama Haid. Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki.--

RADARUTARA.ID - Wanita haid dilarang shalat dan puasa, namun beberapa amalan masih boleh dilakukan. Menstruasi sendiri diartikan sebagai darah yang mengalir keluar dari rahim wanita secara sehat tanpa sebab dan pada waktu-waktu yang teratur.

Menstruasi adalah siklus biologis yang Allah SWT berikan khusus kepada kaum wanita. Menstruasi merupakan tanda bahwa organ reproduksi wanita berfungsi dan sehat.

Dalil larangan shalat dan puasa saat haid terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 222: 

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Arab latin: Wa yas`alụnaka 'anil-maḥīḍ, qul huwa ażan fa'tazilun-nisā`a fil-maḥīḍi wa lā taqrabụhunna ḥattā yaṭ-hurn, fa iżā taṭahharna fa`tụhunna min ḥaiṡu amarakumullāh, innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn

Artinya: "Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri," (QS. Al Baqarah : 222).

BACA JUGA:Tidak Selalu Hamil, ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Dalam sebuah Hadits Rasulullah juga menjelaskan larangan shalat dan puasa saat haid. Mengutip dari kitab Fikih Menstruasi karya KH Muhammad Syakur AH MH menjelaskan sebuah hadits yang disampaikan Rasulullah SAW tentang larangan sholat dan puasa selama masa haid kepada Fatimah putrinya yang berbunyi sebagai berikut : 

"Apabila datang haid, maka tinggalkanlah salat. Saat durasi waktu haid telah tuntas, maka bersihkanlah darah itu darimu lalu kerjakanlah salat." (HR Bukhari & Muslim).

Lalu apa amalan yang bisa dilakukan oleh wanita saat menjalani siklus menstruasi? Lihat pembahasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Mulai dari Haid sampai Jantung, Daun Ubi Jalar Ampuh untuk Kesehatan

BACA JUGA:Haid Lebih dari 15 Hari? Bagaimana Sholatnya? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

1. Bersedekah

Abdul Syukur al-Azizi menyatakan dalam karyanya Buku Lengkap Fiqh Wanita menyebutkan bahwa sedekah adalah amalan yang paling dianjurkan Untuk wanita haid yang bisa mengerjakannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: