Disorot WHO, Ini 6 Makanan yang Mungkin Mengandung Aspartam, Pemicu Kanker Hati, Ada Es Krim dan Permen Karet

Disorot WHO, Ini 6 Makanan yang Mungkin Mengandung Aspartam, Pemicu Kanker Hati, Ada Es Krim dan Permen Karet

Disorot WHO, Ini 6 Makanan Yang Mungkin Mengandung Aspartam, Pemicu Kanker Hati. Ada Es Krim Dan Permen Karet.--

RADARUTARA.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mulai memusatkan perhatian terhadap penggunaan aspartam atau pemanis buatan yang berisiko bersifat karsinogenik atau karsinogenik.

Perhatian terhadap aspartam oleh WHO dan International Agency for Research on Cancer (IARC) muncul setelah laporan dari tiga penelitian besar yang menunjukkan hubungan antara kanker hati, yaitu karsinoma hepatoseluler, dan aspartam. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa ini berfokus mengamati minuman dengan pemanis buatan. 

Meski demikian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) memastikan jika penggunaan aspartam tetap diperbolehkan. Hal itu tertuang dalam Peraturan PerBPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan. 

BACA JUGA:Mahkamah Agung Resmi Melarang Hakim Untuk Mengabulkan Pernikahan Beda Agama

Berbagai pemanis buatan yang diperbolehkan dalam batas tertentu, termasuk aspartam, adalah siklamat, natrium siklamat, sakarin,

kalsium siklamat,  sukralosa, dan neotame. Sebagai bahan pertimbangan BPOM RI mengizinkan penggunaan pemanis buatan selama ini mengacu pada pedoman Codex General Standard for Food Additives (Codex GSFA). 

Namun, BPOM RI mengaku akan terus memantau perkembangan lebih lanjut terkait kemungkinan aspartam dapat menyebabkan kanker seperti yang tengah disorot oleh WHO.

Aspartam adalah pemanis buatan untuk tambahan bahan makanan yang ditemukan sekitar tahun 1965. Bahan ini terdiri dari dua asam amino, yaitu asam aspartat dan fenilalanin. 

BACA JUGA:Diperkirakan Akan Mengalami Defisit, Iuran BPJS Kesehatan Berpotensi Mengalami Kenaikan

Aspartam disebut 200 kali lebih manis dibanding dengan gula biasa, artinya pemggunaan sedikit saja sudah cukup memberi rasa manis pada makanan. Singkatnya 1 gram aspartam itu setara 8 gram gula biasa.

 

Berikut ini daftar makanan yang  memgandung pemanis aspartam :

1. Permen karet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: