Ritual Malam 1 Suro di Alas Purwo, Dukun Hingga Pengunjung Mancanegara Berkumpul Lakukan Hal Ini

Ritual Malam 1 Suro di Alas Purwo, Dukun Hingga Pengunjung Mancanegara Berkumpul Lakukan Hal Ini

Ritual Malam 1 Suro di Alas Purwo, Dukun Hingga Pengunjung Mancanegara Berkumpul Lakukan Hal Ini--

RADARUTARA.ID - Selain dikenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Hutan Alas Purwo yang terletak di Kabupaten Banyuwangi juga terkenal akan mistisnya. Maka tidak heran, jika Alas Purwo di Banyuwangi ini pada saat malam 1 Suro selalu didatangi banyak orang untuk melakukan berbagai ritual tahunan.

Sebagian besar ritual yang dilakukan orang saat berkunjung ke Alas Purwo di malam 1 Suro adalah melakukan mandi malam. 

Pada umumnya masyarakat Jawa percaya, jika melakukan ritual mandi malam saat malam 1 Suro di Alas Purwo Banyuwangi, bisa membuang kesialan pada diri sendiri.

Selain itu, pada malam 1 Suro di Alas Purwo ini juga akan menjadi rujukan dan didatangi ahli spritual atau semacam dukun hingga orang dari berbagai negara untuk melakukan ritual mandi malam pada saat malam 1 Suro.

"Saat malam 1 Suro biasanya para ahli spiritual hingga orang dari berbagai negara datang ke Alas Purwo untuk melakukan ritual tahunan. Biasanya kegiatan yang mereka lakukan adalah mandi malam," ungkap salah seorang warga Banyuwangi, Krisna.

Di sisi lain, para pengunjung Alas Purwo m juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesopanan dan juga tingkah laku di sana. 

Ini lantaran Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi dikenal misteri dan energi mistisnya. Banyak rumor yang menyebutkan jika Alas Purwo menjadi titik gerbang gaib dari kerajaan Pantai Selatan milik Nyi Roro Kidul. 

Krisna, juga menyebutkan, sejumlah orang rela jauh-jauh datang ke Alas Purwo Banyuwangi untuk melakukan ritual semedi. 

Ditambahkan Krisna, jika Alas Purwo merupakan salah satu hutan yang memiliki energi mistis yang tinggi dan juga terdapat gerbang masuk ke dunia gaib yang terhubung dengan kerajaan yang berada di Pulau Jawa. 

"Alas Purwo sangat dikenal dengan mistisnya. Karena disana merupakan tempat bersemedi para yang memiliki ilmu," imbuhnya. 

Di Alas Purwo ini, masih Krisna juga banyak Goa yang digunakan sebagai tempat meditasi ataupun melakukan kegiatan ritual khusus.

Diantaranya Goa yang berada di Alas Purwo adalah Goa Istana, Goa Putri, Goa Mayangkoro, dan masih banyak Goa lainya. 

Akan tetapi, beberapa diantara Goa tersebut yang paling fenomenal adalah Goa Istana. Kabarnya, Goa tersebut dijadikan tempat pertapaan oleh presiden pertama di Indonesia, Ir Soekarno. 

Sebagai informasi, Taman Nasional Alas Purwo berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: