Viral, Bjorka Kembali Berulah, Diduga 34 Juta Paspor WNI Dijual Seharga Rp150 Juta

Viral, Bjorka Kembali Berulah, Diduga 34 Juta Paspor WNI Dijual Seharga Rp150 Juta

Viral, Bjorka Kembali Berulah. Diduga 34 Juta Paspor WNI Dijual Seharga Rp150 Juta--

RADARUTARA.ID - Data terbaru menyebutkan sebanyak 34 juta Parpor WNI diduga bocor dan beritanya viral di media sosial. Bjorka, seorang hacker berpengalaman, diduga menjadi biang keladinya.

Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia, menjadi orang pertama yang mengumumkan kabar mengenai data paspor tersebut di akun Twitter pribadinya.

"Buat yang udah pada punya paspor, selamat karena 34 juta data paspor baru aja dibocorkan & diperjualbelikan. Data yg dipastikan bocor diantaranya no paspor, tgl berlaku paspor, nama lengkap, tgl lahir, jenis kelamin dll. Ini @kemkominfo sama @BSSN_RI selama ini ngapain aja ya?" tulis Teguh dalam cuitannya

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Niat Cantik Malah Jadi Tambah Burik, Berikut Tips Memilih Kosmetik agar Aman dan Sehat

BACA JUGA:Skincare Viral Ini Resmi Dinyatakan Ilegal Oleh BPOM, Pejuang Glowing Waspada Kanker Kulit

"Di portal tersebut pelaku juga memberikan sampel sebanyak 1 juta data. Jika dilihat dari data sampel yang diberikan, data tersebut terlihat valid. Timestampnya dari tahun 2009 - 2020," tambahnya lagi.

Teguh menyebut Bjorka yang muncul kali ini bisa jadi masih Bjorka yang sama yang menggemparkan dunia maya dengan sederet bocoran di  pertengahan tahun 2022, dan hingga kini identitasnya belum diklarifikasi.

Detail paspor yang bocor ini diunggah ke blogbjork.ai. Bjorka pada tahun 2022 tidak pernah mengungkapkan alamat blog ini melalui Telegram, akun BreachForums atau Twitter. Harga data paspor 34 juta  ini adalah  10 ribu dolar atau  Rp 150 juta.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: