5 Kecamatan di Bengkulu Utara Terima Lumbung Sosial dari Kemensos RI, Ternyata ini Fungsinya

5 Kecamatan di Bengkulu Utara Terima Lumbung Sosial dari Kemensos RI, Ternyata ini Fungsinya

5 Kecamatan di Bengkulu Utara Terima Lumbung Sosial dari Kemensos RI, Ternyata ini Fungsinya--

PINANG RAYA, RADARUTARA.ID- Penyerahan lumbung sosial yang dilakukan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian, kepada Kecamatan Pinang Raya pada hari Kamis (22/6), kemarin.

Ternyata juga diberikan kepada 4 kecamatan lainnya di Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan demikian, totalnya ada 5 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara yang mendapatkan lumbung sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI ini.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id, 5 kecamatan yang mendapatkan lumbung sosial itu diantaranya adalah Kecamatan Enggano (wilayah kepulauan), Kecamatan Pinang Raya, Kecamatan Batiknau, Kecamatan Air Besi dan Kecamatan Ketahun. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari lumbung sosial ini? 

Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos, mengungkapkan, Lumbung sosial merupakan cara atau salah satu upaya kesiap siagaan pemerintah daerah melalui kecamatan dalam menghadapi dampak yang timbul akibat bencana yang bisa terjadi kapan saja.

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Bengkulu Utara Meninggal di Mekah

Melalui lumbung sosial, ini maka kata Camat, masing-masing kecamatan yang telah dibekali dengan keperluan logistik ini bisa bergerak lebih cepat dalam menangani setiap dampak bencana yang timbul di setiap desa yang ada di wilayah kerjanya.

"Sehingga dari penyerahan lumbung sosial ini ada logistik berupa selimut, makanan siap saji dan keperluan darurat lainnya yang umum kita perbantukan kepada korban setiap terjadi bencana. Dan keberadaan logistik ini bisa kita distribusikan kapan saja di masing-masing wilayah yang terdampak bencana, tanpa harus menunggu pemerintah daerah lagi," ungkap Camat.

Di sisi lain, Camat menerangkan, lumbung sosial ini sengaja diserahkan kepada 5 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara. Karena 5 kecamatan tersebut memiliki beberapa desa yang dinilai rawan tertimpa bencana alam, khususnya banjir dan paling dekat letaknya dengan beberapa kecamatan lainnya.

"Beberapa desa di wilayah kita ini dinilai rawan bencana alam seperti banjir. Sehingga keberadaan lumbung sosial ini dianggap penting bagi Pemkab BU," imbuhnya.

BACA JUGA:Pendamping Desa jadi Anggota BPD, Begini Kata Kades Tambak Rejo

Camat menambahkan, ketersediaan lumbung sosial di 5 kecamatan, ini juga berfungsi untuk mengcover penanganan dampak bencana yang timbul di beberapa kecamatan lainnya. Seperti halnya, khusus Kecamatan Pinang Raya akan mengcover Kecamatan Ulok Kupai dan Kecamatan Napal Putih.

Sementara untuk Kecamatan Ketahun akan mengcover Kecamatan Putri Hijau dan Kecamatan MSS, dilanjutkan Kecamatan Air Besi akan mengcover Kecamatan TAP dan Kecamatan Air Napal dan Kecamatan Batiknau akan mengcover Kecamatan Kecamatan Air Padang serta Kecamatan Lais.

Dengan demikian lanjut Camat, seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara bisa tercover penanganan bencananya oleh lumbung sosial ini.

"Lumbung sosial ini bagian dari tindak lanjut dari usulan Bupati Bengkulu Utara kepada Mensos RI saat melakukan kunjungan ke Bengkulu Utara beberapa waktu lalu. Dengan harapan, seluruh kecamatan di Bengkulu Utara bisa lebih siaga dalam menghadapi dampak bencana yang timbul di setiap desa. Selebihnya kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkulu Utara dan Dinsos BU yang sudah berusaha menghadirkan lumbung sosial ini. Semoga bermanfaat," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: