Keturunan Orang Jawa di Negara Bagian Prancis, Banyak jadi Pejabat

Keturunan Orang Jawa di Negara Bagian Prancis, Banyak jadi Pejabat

Populasi dan Budaya Orang Jawa di Negara Bagian Prancis--

RADARUTARA.ID - Orang Indonesia di New Caledonia yang anggotanya sebagian besar dari pulau Jawa, umumnya disebut orang Jawa, adalah salah satu populasi Asia tertua dan terbesar di New Caledonia. Masyarakat keturunan Indonesia di sana berjumlah 7.000 orang dari total 220 ribu jumlah penduduk New Caledonia.

New Caledonia bukanlah sebuah negara. New Caledonia adalah sebuah wilayah seberang laut Prancis yang terletak di kawasan Pasifik Selatan. Wilayah ini memiliki status otonomi khusus dalam Republik Prancis.

Orang Jawa di New Caledonia masih memegang teguh tradisi dan budaya Jawa. Saat ini, kuliner Jawa dapat dijumpai di New Caledonia, di restoran yang dikelola oleh orang Jawa, dengan menu getuk telo, pecel, saoto atau soto, bakmi, loempia, sate, dawet, onde-onde, cenil dan peyek.

Keberadaan orang-orang Jawa di New Caledonia dianggap sebagai aset penting bagi Indonesia. 

Hal itu tak lepas dari posisi mereka yang dapat menjadi medium penyebaran bahasa serta budaya Indonesia. Mereka dapat menjadi perekat diplomatik antara Indonesia dan New Caledonia.

Kedatangan orang Jawa di New Caledonia tak lepas dari sejarah pengiriman buruh Jawa ke New Caledonia yang terjadi dalam beberapa tahap.

Pengiriman pertama tercatat sebanyak 170 orang pekerja pada 16 Februari 1896. Hari itu kemudian diperingati sebagai hari pertama orang Jawa menginjakkan kaki di New Caledonia. 

Pengiriman pekerja itu dilakukan atas dasar kesepakatan Prancis-Belanda. Pada periode berikutnya, antara 1933 hingga 1939, sekitar lebih dari 7.800 pekerja asal Hindia Belanda kembali dikirim ke sana. 

Para pekerja tersebut datang dengan status kontrak selama lima tahun dan dipekerjakan di kawasan perkebunan, pertambangan dan juga rumah tangga.

Orang Jawa di New Caledonia telah sukses di bidang ekonomi, industri, olahraga dan pendidikan. 


Banyak keturunan orang Jawa yang menduduki jabatan penting baik itu di birokrasi maupun jabatan politik di New Caledonia--

Warga Indonesia dan keturunannya memiliki beragam jenis pekerjaan mulai dari pekerja tambang nikel, pekerja swasta, ibu rumah tangga yang bekerja paruh waktu sebagai penata laksana rumah tangga (femme de menas) atau pengusaha restoran. 

Beberapa keturunan Indonesia yang sudah menjadi Warga Negara Prancis ada yang menduduki jabatan penting seperti Roesmaeni Sanmohammad yang menjadi anggota parlemen dan aktif melestarikan seni tari Jawa kreasi baru serta pernah belajar tari Jawa di Padepokan Bagong Kusudihardjo, Yogyakarta. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: