Apakah Meteran Listrik AMI Menguntungkan Pelanggan? Berikut Ini Penjelasan dari PLN

Apakah Meteran Listrik AMI Menguntungkan Pelanggan? Berikut Ini Penjelasan dari PLN

Apakah Meteran Listrik AMI Menguntungkan Pelanggan?, Berikut Ini Penjelasan dari PLN--

RADARUTARA.ID - Baru-baru ini PT. PLN Persero meluncurkan listrik pintar dalam bentuk smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI). 

Apakah berdampak positif untuk masyarakat? atau malahan merugikan masyarakat. Yuk simak sistem kerja listrik Smart Meter ini.

Dari penjelasan PLN, Meteran Listrik ini dinilai terbukti bermanfaat untuk pelanggan. Lantaran, kecanggihan meteran yang akan dipasang dirumah pelanggan ini bisa dimonitoring biaya pemakaian listrik secara akurat, kok bisa? 

Karena sistem yang ditanamkan pada meteran canggih ini mengedepankan teknologi secara digital.

Seperti diungkapkan Imam, Ketua RT 06, Gudang Peluru Kelurahan Kebon Baru Jakarta Selatan, pasca menggunakan meteran Smart Meter, sistem perhitungannya lebih akurat dan lebih cepat ketimbang sebelumnya menunggu petugas PLN mencatat meteran di rumah.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! PLN Bakal Terapkan Listrik Berteknologi Canggih, Bisa Hemat Listrik Hingga 55 Persen

Tidak hanya itu saja, kinerja meteran AMI ini pelanggan dimudahkan dalam pengontrolan penggunaan listrik maupun dalam hal perbaikan ketika ada kendala listrik.

"Dulu saat petugas mencatat atau pengambilan foto penggunaan meteran listrik di rumah sering tidak bertemu, apakah memang benar-benar dicatat apa memang hanya berdasarkan analisa. Nah dengan dengan sistem yang baru ini, kan lebih akurat sesuai kebutuhan," ujar Imam.

Dilansir dari laman resmi PT. PLN, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan Advanced Metering Infrastructure (AMI) sendiri merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif.

Dengan sistem itu, baik PLN maupun pelanggan dapat bersama-sama monitoring dan kontrol secara real-time. 

BACA JUGA:Ini 4 Cara Mudah Mengajukan Keringanan Biaya UKT bagi Mahasiswa Kurang Mampu

BACA JUGA:Link Dana Kaget Super Keren, Aplikasi Ini Akan Membuat Uang Saku Kamu Bertambah, Ambil di Sini

Dikatakan Darmawan, Smart Meter AMI sendiri, merupakan pengembangan dari AMR (Automatic Meter Reading), artinya, biaya penggunaan listrik di rumah pelanggan secara real dibaca oleh meteran canggih ini secara otomatis. 

Bahkan, AMI sendiri memiliki kemampuan secara terintegrasi menerapkan tarif listrik secara dinamis dan interkoneksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: