Selain Puasa, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Hari Kamis

Selain Puasa, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Hari Kamis

Selain Puasa, Ini Amalan Yang Bisa Dilakukan Pada Hari Kamis--

RADARUTARA.ID - Hari Kamis adalah hari yang sangat berdekatan dengan hari Jumat. Maka dari itu banyak sekali amalan sunnah yang dapat kamu lakukan. 

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengungkapkan hari Kamis menurut kalender Masehi terhitung dari pukul 00 sampai 24, akan tetapi menurut Hijriyah sampai pukul 17.00. Maka saat pukul 17.00 atau magrib sudah termasuk hari Jumat (malam Jumat). 

"Ada amalan Sunnah yang dapat diamalkan di hari Kamis," kata Ustadz Fauzan Amin.

Salah satu diantara banyak yang dilakukan oleh umat Islam, yaitu puasa sunnah pada hari Kamis yang dimana juga jatuh setiap hari Senin. puasa sunnah di waktu tersebut juga ada haditsnya, yang di mana hari Kamis menjadi bagian hari istimewa.

"Amalan di hari Kamis yang masuk kedalam hadits adalah puasa," terang Fauzan.

Rasulullah SAW bersabda:

‎تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa." (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi).

BACA JUGA:Jadi Ladang Pahala dan Keberkahan, Ini 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

BACA JUGA:Siapa Sebenarnya Eyang Semar, Orang Jawa Wajib Tahu

Ditambahkan Fauzan, selain puasa sunnah diwaktu tersebut, tepatnya pada hari Kamis malam yang bertepatan dengan malam Jumat, yaitu terdapat sunnah lainnya ialah membaca surat Yasin, Al Kahfi dan surat lainnya.

Tak hanya itu, dilansir dari laman NU Online, membaca surat Yasin pada hari Kamis malam atau malam Jumat sungguh dianjurkan pasalnya ada salah satu riwayat yang menyebutkan tentang hal itu.

Rasulullah SAW bersabda:

‎من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat pada malam Jumat, maka Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

Lalu, pada riwayat lainnya juga dijabarkan mengenai keutamaan membaca surat Yasin atau Al Kahfi pada Kamis malam, yaitu:

‎واعلم أن المتبادر إلى أكثر الأذهان أنه ليس المطلوب قراءته ليلة الجمعة ويومها إلا الكهف وعليه العمل في الزوايا والمدارس وليس كذلك فقد وردت أحاديث في قراءة غيرها يومها وليلتها ، منها ما رواه التيمي في الترغيب من قرأ سورة البقرة وآل عمران في ليلة الجمعة كان له من الأجر كما بين البيداء أي الأرض السابعة وعروبا أي السماء السابعة وهو غريب ضعيف جدا …الى أن قال...وخبر أبي داود عن الحبر من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله وفيه انقطاع

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: