Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami

Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami

Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami--

Beberapa laki-laki juga mengajak perempuan untuk menikah siri demi melindungi nama baik perempuan di mata masyarakat.

Sebab, masyarakat masih menganggap tabu terkait pasangan yang tinggal bersama dalam satu rumah atau bermesraan di lingkungan publik tanpa ikatan pernikahan. 

BACA JUGA:Ini Syarat dan Tata Cara Nikah Siri Agar Sah di Mata Agama dan Masyarakat

3. Takut Tidak Diterima oleh Masyarakat

Alasan lain yang juga umum terkait nikah siri adalah untuk membenarkan hal yang tidak dapat diterima oleh masyarakat (aib). Contoh pertama adalah ketika salah satu pasangan sudah terikat dengan pernikahan dengan orang lain.

Praktik nikah siri, memudahkan seseorang melakukan poligami. Hal ini berkaitan dengan dokumen dan juga restu dari istri pertama untuk melakukan pernikahan.

Kita dapat melihat praktik nikah siri yang seperti ini dari berita-berita yang marak terjadi terkait dengan perselingkuhan. Dengan alasan 'sudah nikah siri', pasangan merasa mendapatkan pembenaran untuk diterima hubungannya oleh masyarakat.

Contoh kedua adalah untuk ketika pernikahan siri dilakukan untuk menutupi kehamilan di luar nikah.

Saat seseorang hamil sebelum menikah, kekhawatiran dirinya atau keluarganya akan ditolak atau bahkan dibicarakan oleh masyarakat, menikah siri menjadi pilihan jalan keluar dari masalahnya.

 

4. Terganjal restu orang tua

Karena hubungan sepasang kekasih tidak direstui oleh orangtua dan keluarga besar, nikah siri sering dijadikan pembenaran saat seseorang sudah merasa siap menikah namun tidak didukung oleh keluarga.

Biasanya, nikah siri yang mereka lakukan dilakukan secara diam-diam dan tanpa diketahui kerabat-kerabat dekat. Biasanya sih hanya dihadiri saksi-saksi yang dianggap sah menurut hukum agama.

 

5. Mengantisipasi adanya masalah di kemudian hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: