Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami

Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami

Terungkap! Ini 6 Alasan Pasangan Memilih Nikah Siri, Demi Hindari Zina Hingga Mau Poligami--

RADARUTARA.ID - Pernikahan siri adalah Pernikahan yang tidak tercatat di pemerintah atau Kantor Urusan Agama (KUA), sehingga tidak mempunyai kekuatan hukum, terlebih pada pihak perempuan dan anaknya kelak. 

Pernikahan siri memang diperbolehkan oleh agama karena dianggap sah, namun dinyatakan melanggar hukum. Pasalnya, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1946 telah mengatur bahwa setiap pernikahan harus diawasi oleh pegawai pencatat pernikahan, dalam hal ini KUA. 

Tak hanya melanggar hukum, nikah siri juga berdampak negatif pada perempuan dan anak. Sebab, tidak ada kejelasan status perempuan sebagai istri dan kejelasan status anak di mata hukum. Pernikahan siri rentan menyebabkan suami memiliki istri lebih dari satu atau poligami

Pihak perempuan juga tidak memiliki kekuatan hukum untuk menuntut suami jika terjadi masalah, terutama ketika ada pelecehan seksual atau kekerasan dalam rumah tangga. 

BACA JUGA:Catat! Ini 7 Keuntungan Nikah Siri Dibanding Nikah Resmi yang Wajib Kamu Ketahui

Melihat dampak negatif dan statusnya yang melanggar hukum, mengapa masih ada perempuan yang mau menjalani pernikahan siri? Berikut beberapa alasan pasangan memilih menikah siri diantaranya.

1. Masalah ekonomi

Perempuan menganggap pernikahan resmi di mata hukum membutuhkan biaya yang besar.

Di sisi lain, pihak perempuan belum memiliki cukup uang untuk menggelar pernikahan sah di mata hukum atau tidak ingin membebani pihak laki-laki untuk menanggung biaya pernikahan. 

Oleh karena itu, sejumlah pasangan memilih menikah siri untuk mengurangi biaya resepsi atau pengurusan dokumen pernikahan. 

 

2. Menghindari zina

Alasan yang kerap digunakan untuk menjalani pernikahan siri, yakni menghindari perzinaan.

Alasan tersebut tidak selalu benar karena nikah siri biasanya hanya dijadikan jalan pintas bagi pasangan, termasuk untuk mencari pembenaran tinggal bersama dalam satu rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: