Catat! Ini 7 Keuntungan Nikah Siri Dibanding Nikah Resmi yang Wajib Kamu Ketahui

Catat! Ini 7 Keuntungan Nikah Siri Dibanding Nikah Resmi yang Wajib Kamu Ketahui

Catat! Ini 7 Keuntungan Nikah Siri Yang Wajib Kamu Ketahui--

RADARUTARA.ID - Menikah, adalah suatu momen yang memang tergolong dalam momen penting atau berharga dalam hidup seseorang. Sejak dahulu kala, menikah dilakukan tanpa pandang umur.

Namun saat ini, banyak sekali penelitian yang justru melaporkan bahwa banyak sekali masyarakat yang memilih untuk menunda menikah.

Tentunya pertanyaan utamanya adalah kenapa? Beberapa penelitian mengemukakan alasan mereka melalui agama, ekonomi, dan juga karir. Kondisi ini kemudian menyebabkan mereka melangsungkan pernikahan secara siri.

BACA JUGA:6 Hal yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Menjalin Hubungan dengan Duda, Nomor 4 Paling Penting

Nikah siri adalah sebuah pernikahan yang tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA). Berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia, pernikahan dianggap sah apabila dilangsungkan berdasarkan hukum agama yang dianut pengantin dan kemudian tercatat di lembaga resmi, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan KUA.

Meski demikian, realitasnya masih ada banyak pernikahan yang hanya dilangsungkan berdasarkan hukum agama dan tidak mencatatkannya ke KUA atau ke Disdukcapil. 

Pada intinya nikah siri adalah pernikahan yang dilangsungkan secara hukum agama, namun tidak didaftarkan sehingga tidak tercatat di KUA dan Disdukcapil.

BACA JUGA:Ingin Menjalin Hubungan dengan Duda? Ikuti 9 Trik Ini Dijamin Sukses

Tentunya pernikahan di KUA saja juga bisa menghemat biaya, hanya saja, ada pertimbangan lain yang dipikirkan oleh pelaku. Mungkin pertimbangan tersebut terkait dengan keuntungan atau sejenisnya.

Nah, terkait dengan keuntungan tersebut, di bawah ini RADARUTARA.ID sebutkan beberapa keuntungan dari nikah siri, diantaranya.

1. Menghemat Biaya

Sudah menjadi rahasia umum bila pernikahan seperti ini akan sangat menghemat biaya. Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih bila melaksanakan pernikahan ini.

Biaya yang dikeluarkan pun hanya berkutat pada amplop penghulu dan beberapa hidangan untuk saksi dan keluarga yang hadir.

Kalian juga bisa lebih menghemat  biaya dengan melakukan improvisasi. Bisa dengan memasak makanan sendiri, atau mengurangi keluarga yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: