Kamu Mesti Tahu, Ternyata Anabul Juga Memiliki Golongan Darah Loh

Kamu Mesti Tahu, Ternyata Anabul Juga Memiliki Golongan Darah Loh

Ternyata anabul juga memiliki golongan darah--

Walau tidak sebanyak A, ada beberapa jenis kucing tertentu yang memiliki golongan darah B. Mereka adalah kucing shorthair domestik di Australia, Italia, Perancis, dan India. Selain itu, ada british shorthair, cornish dan devon rex, serta anggora atau van turki.

 

Golongan darah AB

Sama seperti manusia, kucing pemilik golongan darah AB lebih langka. Kucing shorthair domestik bisa memiliki golongan darah AB.

 

Golongan darah dominan

Di antara ketiga golongan darah di atas, kucing dengan golongan darah A merupakan jenis yang paling dominan. Jika ada induk dan jantan berbeda tipe darah, besar kemungkinan anak yang lahir bergolongan darah A.

 

Namun, perkawinan kucing dengan golongan darah berbeda ternyata berisiko kematian pada anak kucing setelah lahir. Ini terjadi karena antibodi dari induk yang masuk melalui kolostrum atau susu pertama yang diminum.

Kucing menghasilkan antibodi alami yang disebut alloantibodi. Antibodi ini mampu melawan antigen sel darah merah yang tidak dimiliki atau terhadap golongan darah selain miliknya.

Antibodi yang masuk ke anak kucing itu akan menghancurkan sel darah merahnya. Akibatnya, anak kucing bisa mati.

BACA JUGA:Ketahui Sifat dan Karakter Seseorang Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana?

 

Transfusi darah pada kucing

Tidak seperti manusia, kucing tidak memiliki darah universal. Artinya, kucing hanya bisa mentransfusikan darahnya dari atau ke kucing lain yang memiliki golongan darah sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: