Nyamuk Aedes Aegypti Merupakan Jenis Nyamuk Bangsawan, Berikut Faktanya

Nyamuk Aedes Aegypti Merupakan Jenis Nyamuk Bangsawan, Berikut Faktanya

Nyamuk Aedes Aegypti Merupakan Jenis Nyamuk Bangsawan, Berikut Faktanya.--

RADARUTARA-ID - Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Ukuran virus Demam berdarah super kecil. Saking kecilnya, virus Demam berdarah ini tidak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. Selain itu virus ini hanya hidup jika mendapat tempat yang cocok.

Akan tetapi virus ini juga tidak bisa mati, yang mengejutkan, virus demam berdarah bahkan dapat tidur bertahun-tahun sampai dia mendapat tempat yang disukai. Yaitu saat tubuh manusia lemah dan kurang gizi.

 

Virus demam berdarah tinggal di dalam darah. Penderita DBD akan mengalami demam tinggi, pusing, dan sendi sakit. Serta tubuh rasanya sangat sakit sekali.

BACA JUGA:Waspadalah, 4 Jenis Orang ini Sangat Disukai Oleh Nyamuk, Nomor 3 Mungkin Kamu

Pada awal kemunculannya, penyakit demam berdarah bukan penyakit manusia, melainkan penyakit yang menyerang monyet. Menurut ilmuwan, darah manusia dan darah monyet punya banyak kemiripan. Itulah sebabnya virus demam berdarah juga bisa hidup di darah manusia.

 

Fakta unik lainnya adalah nyamuk Aedes aegypti termasuk golongan nyamuk priyayi atau bangsawan. bukan tanpa alasan nyamuk Aedes aegypti mendapat julukan ini. Nyamuk ini hanya mau bertelur di air yang bersih, dalam kolam, di lubang pohon, dan diketiak daun.

 

Awal kemunculannya,  nyamuk Aedes aegypti hanya menyukai darah monyet. Lalu, mereka berubah suka darah manusia. Nyamuk Aedes aegypti pun ikut kemana manusia berpindah. Caranya, induk nyamuk menaruh telur-telurnya dalam tong air, batang bambu untuk atap rumah, atau genangan air dalam ban dan lain-lain.

 

Uniknya lagi, virus demam berdarah justru membuat nyamuk mudah lapar. Akibatnya, mereka semakin sering mengisap darah manusia. Pada saat nyamuk mengisap darah itulah virus dimasukkan ke tubuh manusia.

 

Kamu harus tau, bahwa tidak semua nyamuk Aedes aegypti membawa virus demam berdarah lo. Mereka membawa virus, jika pernah mengisap darah penderita demam berdarah. Akan tetapi virus demam berdarah bisa diwariskan kepada telur-telur nyamuk, karena telur nyamuk diberi makan darah yang mengandung virus demam berdarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: