10 Negara Terpanas di Dunia, Ada Indonesia?

10 Negara Terpanas di Dunia, Ada Indonesia?

10 Negara Terpanas di Dunia, Ada Indonesia?--

RADARUTARA.ID - Pemanasan global turut mempengaruhi perubahan cuaca di berbagai wilayah. Ahli memperkirakan bahwa suhu tahunan Bumi diperkirakan naik hingga 1,5 derajat Celcius selama lima tahun ke depan.

Bahkan, ada beberapa negara yang masuk dalam kelompok negara terpanas di dunia. Negara yang pernah merekam suhu terpanas pada era terkini adalah Kuwait. Pada 22 Juni 2021, Nuwaiseeb—salah satu kota di Kuwait—sempat harus menanggung suhu udara 53,2 Celcius.

Pada abad ke-19, wilayah terpanas yang pernah tercatat ada di Amerika Serikat, yakni Death Valley, California, yang pernah mencapai temperartur 56,7 Celcius. Meski sangat ekstrem, suhu tersebut tidak terjadi sepanjang tahun.

Negara terpanas di dunia merupakan sebutan untuk negara yang suhu rata-ratanya tinggi. Setiap negara memiliki iklim yang berbeda-beda bergantung pada letak geografis negara tersebut.

BACA JUGA:10 Pinjol Resmi Terdaftar Ojk, Dijamin Tanpa Riba dan Ribet

Berdasarkan angka-angka yang dihitung dengan mengambil rata-rata kolektif suhu tahunan antara tahun 1991 dan 2020, berikut ini negara dengan suhu rerata harian terpanas di dunia diantaranya.

 

1. Mali (28,83 oC)

Negara terpanas di dunia yang pertama yaitu Mali. Negara ini memiliki suhu sekitar 28,83 oC. Negara ini memiliki iklim panas dan kering. Tak hanya itu, curah hujan di Mali juga sangat sedikit.

Negara di Afrika Barat ini memiliki daerah bagian tengah yang semi-kering, namun tetap panas dan kering sepanjang tahun.

 

2. Burkina Faso (28,71 oC)

Di posisi kedua ada Burkina Faso yang menjadi negara dengan suhu paling panas di dunia.

Negara ini mempunyai iklim sabana tropis sedikit hangat sepanjang tahun. Selain itu, musim kemarau dan cuaca panas di negara ini juga sangat panjang dan musim hujan relatif singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: