Hindari Curhat di Facebook! ini Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Hindari Curhat di Facebook! ini Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Hindari Curhat Di Facebook! Ini Tips Bijak Menggunakan Media Sosial--

RADARUTARA.ID- Saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Setiap orang punya minimal satu akun di media sosial. Entah itu di Facebook, Instagram, maupun Twitter. Topik yang dibahas di media sosialpun makin beragam, mulai dari tempat bersosialisasi, jual beli, memamerkan kemampuan, hingga tempat berkeluh kesah. 

Ada yang memposting artikel-artikel bermanfaat, pendapat pribadi bahkan menebarkan fitnah dan kebencian. Akibatnya, berawal dari media sosial, banyak pula masalah yang bisa ditimbulkan. Padahal masalah-masalah tersebut bukan karena media sosialnya, namun bergantung kepada kita yang menggunakannya.

Supaya kamu terhindar dari masalah-masalah media sosial, berikut tips bijak cara menggunakan media sosial :

1. Hindari berbagi informasi pribadi

Sangat penting bagi kamu, untuk tidak membagikan informasi pribadi ke media sosial. 

Mengingat begitu banyaknya masalah yang timbul dari sekadar berbagi informasi pribadi di media sosial. Bisa saja informasi yang kamu sebarkan disalahkan gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan identitas diri, mengintimidasi, mengganggu bahkan meneror seseorang.

Jadi demi kenyamanan dan keamanan hidup kamu, jangan pernah kamu berbagi informasi pribadi di media sosial. Seperti nama asli, alamat rumah, alamat kantor, nomor ponsel bahkan foto-foto keluarga hingga jadwal-jadwal pribadi.

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel di Bengkulu Saat Berlibur Lebaran Nanti, Wajib Kamu Catat

2. Pilih teman dan follower Anda

Tidak semua orang yang ada di media sosial bisa menjadi teman baik dan bermanfaat buat kamu. Ini mengingat banyaknya akun palsu yang memiliki tujuan tertentu atau mengatasnamakan seseorang demi kepentingan pribadi mereka.

Memiliki banyak teman dan follower memang membanggakan, tapi pastikan bahwa kamu benar-benar memilih teman dan follower atau paling tidak mengubah settingan menjadi privacy. Sehingga setiap orang harus mengirimkan permintaan dahulu sebelum berteman dengan kamu.

 

3. Hindari akun dan postingan negatif

Saat membuka media sosial, pasti kamu menemukan beberapa akun yang senang memposting hal-hal negatif. Misalnya berita-berita hoaks, mengandung unsur SARA, ujaran kebencian kepada seseorang atau pemerintah bahkan provokatif. postingan-postingan seperti ini tentu sangat mengganggu, meresahkan hingga membuat khawatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: