Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini

Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini

Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini--

3. Diare

Ketika Anda secara tiba-tiba mengkonsumsi dengan jumlah serat yang tinggi, itu dapat menyebabkan diare atau buang air besar. Seringkali orang mengalami sakit perut setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti pisang, apel, oat, bayam, tomat, dan masih banyak lagi.

4. Masalah usus

Tubuh Anda harus mendapatkan waktu untuk mencerna seluruh serat dengan baik. Terlalu banyak asupan serat dapat mengganggu usus Anda dan menyebabkan penyumbatan usus. Apalagi, saat tubuh kekurangan asupan air yang cukup, tubuh menjadi sulit mencerna serat.

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H Akan Digelar Oleh Kemenag Pada 22 Maret 2023

Ini bisa menjadi masalah kesehatan yang parah, jika tidak ditangani sejak dini. Jadi, pastikan Anda memiliki cukup air dan asupan serat yang terbatas untuk menghindari masalah kesehatan tersebut.

5. Sembelit

Anda mungkin terkejut, tetapi terlalu banyak serat dapat menyebabkan diare dan sembelit. Ada dua jenis serat yang larut dan tidak larut. Serat larut sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah tetapi jika berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda dan dapat menyebabkan sembelit.

Jika Anda memiliki serat, pastikan untuk minum air yang cukup dan cairan lain dan jaga agar tubuh Anda tetap aktif dengan beberapa jenis aktivitas fisik atau olahraga. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: