Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini

Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini

Hati-hati! Terlalu Banyak Mengkonsumsi Serat, Berakibat Rasakan 5 Efek Samping Ini--

RADARUTARA.ID - Kita semua pernah mendengar bahwa terlalu banyak hal baik bisa berdampak buruk bagi kita.  Terutama berlaku untuk makanan sehat yang dimakan dalam jumlah berlebihan dapat merusak kesehatan.

Mengkonsumsi terlalu banyak serat, misalnya, dapat menimbulkan banyak efek samping mulai dari sembelit, kembung hingga penyerapan nutrisi yang rendah. 

Kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, buah-buahan adalah sumber serat yang baik. Asupan serat yang dianjurkan untuk wanita adalah 21 sampai 25 gram sedangkan untuk pria 30 sampai 38 gram. 

Alih-alih makan banyak serat sekaligus, seseorang harus membaginya menjadi beberapa kali makan. Ketika kita makan terlalu banyak serat sekaligus, itu menyerap air di saluran pencernaan Anda sehingga Anda mengalami dehidrasi yang pada gilirannya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. 

BACA JUGA:Berikut 123 Titik Lokasi Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 1444 H/2023 M di Seluruh Indonesia

Jika Anda merasa overdosis serat, tingkatkan asupan air dan tingkatkan aktivitas Anda untuk meningkatkan aktivitas usus.

Menambahkan serat ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi kolesterol, membantu sistem pencernaan secara keseluruhan, membantu mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan berat badan yang sehat. Namun, terlalu banyak konsumsi serat secara teratur dapat menimbulkan efek samping tertentu pada kesehatan Anda, diantaranya:

1. Masalah perut

Anda bisa mengalami banyak masalah perut jika makan terlalu banyak serat. Makanan kaya serat yang Anda konsumsi membutuhkan waktu yang tepat untuk terurai dan dicerna dalam sistem tubuh Anda. 

Tetapi jika Anda makan terlalu banyak serat dalam rentang waktu yang cepat, Anda bisa merasa kembung atau bahkan sakit perut. Jadi, itu mengganggu seluruh sistem pencernaan Anda, dan Anda merasa sangat tidak nyaman.

BACA JUGA:Motivasi Akhir Pekan : 10 Hal yang Bisa Menjadi Sumber Inspirasi

2. Rendahnya penyerapan nutrisi

Tubuh kita tidak hanya membutuhkan serat tetapi juga mineral, vitamin, lemak sehat, dan berbagai nutrisi sehat. Terlalu banyak serat menghambat penyerapan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. 

Kalsium, seng, dan zat besi adalah beberapa mineral yang sangat terpengaruh oleh konsumsi serat yang terlalu banyak. Karenanya Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memiliki proporsi serat yang tepat dalam makanan harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: