25 Ribu Bibit Sawit Segera Didistribusikan ke Petani

25 Ribu Bibit Sawit Segera Didistribusikan ke Petani

25 Ribu Bibit Sawit Segera Didistribusikan ke Petani--

KETAHUN, RADARUTARA.ID - 25 ribu bibit kelapa sawit berkualitas jenis SJ-5 telah dipersiapkan oleh Pemkab Bengkulu Utara untuk petani di kabupaten ini.

Ribuan bibit kelapa sawit berkualitas ini nantinya dapat diakses oleh masyarakat dengan harga terjangkau. 

Pasalnya, dikatakan Kepala UPTD Pembibitan Ketahun, Giarto, bibit kelapa sawit yang saat ini tengah dipersiapkan oleh UPTD Pembibitan Ketahun itu dalam subsidi pemerintah daerah. 

"Kalau tidak ada perubahan aturan. Bibit kelapa sawit yang sedang dipersiapkan untuk petani ini nantinya bisa dibeli dengan harga Rp20 ribu per batangnya," ungkapnya.

Diakui Giarto, bibit kelapa sawit berkualitas yang sedang dipersiapkan oleh pihaknya saat ini masih berusia 3,5 bulan. 

Alhasil, untuk saat ini bibit yang disubsidi oleh pemerintah daerah tersebut belum bisa didistribusikan atau diakses oleh masyarakat. 

"Nanti setelah umur 10 bulan bibit baru layak untuk didistribusikan," terangnya.

Disinggung skema pendistribusian bibit, tentu kata Giarto, bibit kelapa sawit subsidi yang tersedia di UPTD ini dapat diakses oleh masyarakat atau petani dengan beberapa ketentuan. 

"Harus ada pengajuan dari desa nanti. Dalam persyaratannya nanti juga harus dilampirkan KK serta KTP dan surat tanah. Nanti dari surat tanah itu lah kita akan atur pendistribusiannya," demikian Giarto. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: