Bahaya Married By Accident Terhadap Kerharmonisan Rumah Tangga

Bahaya Married By Accident Terhadap Kerharmonisan Rumah Tangga

Bahaya Married By Accident Terhadap Kerharmonisan Rumah Tangga--

RADARUTARA.ID - Saat ini sosial media sedang heboh sebab ratusan pelajar SMP dan SMA di Ponorogo, Jawa Timur hamil di luar nikah. 

Hal ini terungkap setelah seorang siswi yang hamil mengajukan permohonan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama, Ponorogo. 

Semua pelajar di bawah umur tersebut harus dinikahkan dengan mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama. 

Pada minggu pertama Bulan Januari 2023 terdapat 7 orang pemohon dispensasi nikah yakni siswa kelas 2 SMP dan SMA.

BACA JUGA:Ratusan Pelajar di Ponorogo Hamil di Luar Nikah, Pengadilan Terpaksa Kabulkan Permohonan Dispensasi Nikah

Humas Pengadilan Agama Ponorogo, Ruhana Faried mengatakan akan mengabulkan semua permohonan dispensasi nikah karena telah mendesak. 

"Semuanya dikabulkan karena semuanya sudah memenuhi unsur mendesak. 7 orang itu semuanya anak sekolah. Anak kelas 2 SMP dan 2 SMA," ujar Ruhana pada (10/1/2023).

Para pelajar yang masih di bawah umur tersebut akan menjalani rumah tangga sebagai pasangan muda yang harus memahami hak dan tanggung jawab. 

Dilansir dari sumber terpercaya, pernikahan yang dilandasi karena telah hamil duluan atau MBA (Married By Accident) bisa tidak harmonis atau bertahan lama.

BACA JUGA:Pelajar di Ponorogo Hamil di Luar Nikah Ajukan Dispensasi Nikah, Begini Tata Caranya!

Penyebabnya ialah suami dan istri yang sebenarnya belum siap secara mental untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Sehingga saat dihadapkan pada persolan rumah tangga sering terjadi percekcokan yang berujung pada ketidakharmonisan dalam rumah tangga bahkan perceraian.

Karena usia yang masih di bawah umur, mereka belum matang untuk mencerna sesuatu berdasarkan nilai-nilai kebenaran sehingga konflik yang dihadapi akan menjerumuskan mereka pada ketidakharmonisan. 

Pernikahan itu terkesan tergesa-gesa dan tanpa persiapan karena hamil di luar nikah akibat ketidak mampuan menahan diri melawan hawa nafsu. 

Mereka diharuskan menikah pada usia muda untuk menutup aib keluarga, karena itu mereka harus berhenti sekolah dan hilangnya masa muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: